Metode Butterfly Hug yang Memeluk Diri Sendiri untuk Bantu Atasi Kecemasan
Metode Butterfly Hug yang Memeluk Diri Sendiri untuk Bantu Atasi Kecemasan
Metode Butterfly Hug yang Memeluk Diri Sendiri untuk Bantu Atasi Kecemasan

Bagi beberapa orang, pelukan dapat membantu mengatasi kecemasan dan memberi perasaan yang menenangkan. Salah satu metode pelukan yang diklaim bisa menghadirkan ketenangan adalah butterfly hug. Menariknya, Anda dapat menerapkan metode ini tanpa perlu menunggu pelukan dari orang lain.

Mengenal butterfly hug
Butterfly hug adalah metode berpelukan dengan diri sendiri untuk menghilangkan stres atau cemas agar lebih rileks dan tenang. Metode ini dikembangkan oleh Lucina Artegas dan Ignacio Jarero. Metode ini melihat aktivitas layaknya sayap kupu-kupu yang menguncup.

Awalnya, metode pelukan kupu-kupu diajarkan kepada korban badai Pauline di Meksiko pada tahun 1998 lalu. Metode ini diklaim efektif untuk membantu para korban pulih dari trauma yang mereka alami. Dari situlah, butterfly hug kemudian dipakai sebagai salah satu perawatan untuk mengobati kecemasan, terutama bagi penderita trauma.
Langkah-langkah melakukan butterfly hug.

Cara menerapkan butterfly hug sangatlah mudah dan dapat dilakukan oleh semua orang. Anda tinggal melakukan gerakan memeluk diri sendiri yang disertai dengan teknik pernapasan untuk mendapatkan ketenangan.

Berikut ini langkah-langkah melakukan pelukan secara mandiri:

- Duduk dengan tenang, lalu bernapaslah menggunakan teknik pernapasan diafragma.
- Fokuskan pikiran pada diri Anda sendiri, perhatikan emosi yang muncul sambil terus bernapas.
- Silangkan kedua tangan Anda di atas dada, tepat di bawah tulang selangka atau bahu.
- Mulailah menepuk diri Anda sendiri secara perlahan dan bergantian dari kanan ke kiri atau kiri ke kanan. Ketika menepuk diri sendiri, tarik napas dalam lalu keluarkan secara perlahan untuk membantu membuat perasaan menjadi lebih lega.
- Lakukan tepukan itu selama 30 detik atau beberapa menit, hingga Anda mulai merasa tenang.

Manfaat butterfly hug
Seperti halnya pelukan pada umumnya, butterfly hug mempunyai berbagai macam manfaat untuk kesehatan, baik secara fisik maupun psikologis. Berikut sejumlah manfaat yang dapat diperoleh dari memeluk diri sendiri:

1. Mengurangi rasa sakit
Menurut sebuah penelitian di tahun 2011, memeluk diri sendiri dapat membantu mengurangi rasa sakit. Dalam penelitian tersebut, peneliti menggunakan laser untuk menghasilkan nyeri layaknya tusukan jarum pada 20 peserta. Ketika para peserta menyilangkan tangan seperti sedang memeluk diri sendiri, rasa sakit yang mereka alami berkurang.
Sementara itu, penelitian lain pada tahun 2015 menyebut bahwa sentuhan yang menenangkan, seperti halnya pelukan, melepaskan hormon oksitosin. Hormon ini membantu untuk meredakan rasa sakit karena berperan sebagai pereda nyeri.

2. Memperbaiki suasana hati
Saat menjalani hari yang penuh masalah dan melelahkan, suasana hati tentunya akan menjadi kacau. Memeluk diri sendiri dapat membantu memperbaiki mood saat Anda tidak bisa bertemu dengan orang tersayang untuk melepaskan ketegangan yang mengganggu di pikiran.
Metode memeluk diri sendiri seperti butterfly hug membantu menurunkan kadar hormon kortisol pemicu stres dalam tubuh. Meski tidak dapat membantu menyelesaikan masalah atau memberi kenyamanan saat mendapat pelukan dari orang tersayang, cara ini bisa mengurangi stres.

3. Membuat diri merasa aman dan nyaman
Seperti kita tahu, pelukan dari orang lain dapat membuat diri menjadi lebih nyaman serta tidak merasa sendirian. Perasaan serupa juga bisa Anda peroleh dengan memeluk diri sendiri. Cara ini dapat membantu memberi rasa aman dan nyaman hingga Anda memperoleh pelukan yang sesungguhnya dari orang lain. Anda pun bisa mendapatkan kestabilan emosi.

4. Meningkatkan perasaan lebih mencintai diri sendiri
Butterfly hug membantu meningkatkan perasaan sayang terhadap diri Anda sendiri karena pikiran dan tubuh seolah-olah bersatu. Metode ini dapat membantu Anda untuk menerima diri apa adanya setelah mengalami kesulitan maupun melakukan kesalahan.

Manfaat yang dirasakan masing-masing orang mungkin akan berbeda satu sama lain. Jika masalah yang Anda hadapi memicu kecemasan berlebih dan sampai mengganggu aktivitas, segeralah berkonsultasi dengan dokter atau psikiater.

sumber artikel : https://www.sehatq.com/artikel/mengenal-butterfly-hug-metode-memeluk-diri-sendiri-untuk-bantu-atasi-kecemasan
sumber gambar : https://www.canva.com/

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar