Mengapa seseorang hobi menyalahkan orang lain
Mengapa seseorang hobi menyalahkan orang lain
Mengapa seseorang hobi menyalahkan orang lain

Menyalahkan orang lain adalah hal termudah yang sering dilakukan ketika kita menghadapi masalah. Awalnya mungkin menyalahkan orang lain memang cukup menolong kita untuk merasa lega. Padahal jika hal ini menjadi kebiasaan akan mengganggu perkembangan pribadi kita, hubungan kita dengan orang-orang disekitar kita dan merusak mental kita.

Apakah kamu seseorang yang suka menyalahkan orang lain? Kamu perlu menjawab beberapa pertanyaan ini terlebih dahulu:

1. Apakah kamu selalu menyalahkan seseorang ketika kamu menghadapi sebuah masalah?
2. Dalam hubunganmu dengan sahabat, keluarga atau rekan kerja apakah kamu sering menunjuk mereka dengan telunjukmu? Apakah kamu mencoba untuk mengajari orang lain untuk keluar dari kesalahannya?
3. Kerika menghadapi kesulitan, apa yang pertama kali kamu identifikasi? Siapa yang patut disalahkan dari kesulitan itu?
4. Ketika kamu dalam situasi sulit, apakah menyalahkan orang lain membuatmu lebih tenang?

Jika kamu menjawab sebagian atau semua pertanyaan dengan 'ya', maka besar kemungkinan kamu adalah seseorang yang cenderung suka menyalahkan atau punya sifat dan kebiasaan menyalahkan.

Jadi, kenapa ya seseorang suka menyalahkan orang lain?

Ada beberapa alasan mengapa seseorang suka menyalahkan orang lain:

a. Pilihan termudah saat terjadi sesuatu
    Tanpa berpikir panjang, hal ini terjadi karena ada objek yang dapat dimanfaatkan. Walaupun demikian, ada baiknya untuk melihat berbagai kemungkinan yang terjadi agar kamu tidak lagi mengulangi hal ini.

b. Melampiaskan kesalahan kepada orang lain.
    Hal ini dilakukan karena kamu berusaha untuk menemukan perlindungan untuk diri sendiri tanpa ingin disalahkan. Namun biasanya kamupun akan menyesali apa yang telah kamu lakukan karena telah merugaikan orang lain.

c. Dikuasai emosi sesaat sehingga sulit mengendalikan diri.
    Karena kamu sedang mengalami emosi yang tinggi, Imbasnya kamu akan kesulitan untuk mengendalikan diri dan memandang sesuatu secara objektif. Saat semua telah terjadi kemungkinan yang di dapat adalah penyesalan yang tidak dapat diganti.

d. Selalu merasa benar.
    Kamu merasa bahwa orang lain tidak mampu memenuhi apa yang menjadi standarmu. Oleh karena itu, seringkali kamu menganggap orang lain lebih rendah darimu sehingga mudah saja bagimu untuk menyalahkan mereka atas apa yang terjadi.

e. Dijadikan sebagai alasan.
   Kamu sering menyalahkan orang lain untuk memperkuat alasan atau pembenaran atas dirimu sendiri. Padahal ada saat dimana kamu juga harus mampu menerima apa yang terjadi karena tidak semua hal memang mampu untuk diperbaiki.

f. Menutupi rasa bersalah pada diri sendiri.
   Hal ini disebabkan karena ketidakmampuanmu dalam mengakui kesalahan yang diperbuat. Oleh karena itu, untuk menutupi rasa bersalahnya kamu melakukan dengan melibatkan orang lain yang justru tidak ada hubungannya sama sekali.

Ada baiknya untuk membaca keadaan sebelum menyalahkan orang lain. Terimalah kenyataan dan jadilah orang pertama yang meminta maaf jika memang kamu bersalah.

sumber : https://www.instagram.com/p/CEoS27UB-dQ/

cr gambar : freepik.com

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar