Kaya Nutrisi! Ini 5 Arti di Balik Warna-warni Buah dan Sayuran
Kaya Nutrisi! Ini 5 Arti di Balik Warna-warni Buah dan Sayuran
Kaya Nutrisi! Ini 5 Arti di Balik Warna-warni Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran yang biasa kita konsumsi bisa dibedakan dari warnanya. Warna tersebut ternyata juga punya arti dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Ini artinya!

Buah dan sayuran memang menjadi makanan yang kaya akan nutrisi dan vitamin lainnya. Makanan ini juga menjadi pilihan yang paling sehat dan aman untuk dikonsumsi setiap hari. Biasanya buah dan sayuran bisa dibedakan dengan ciri khas pigmen warna. Ternyata, warna buah bukan hanya sebagai penanda saja, melainkan juga ada arti di baliknya. Warna ini juga menunjukkan beragam manfaat yang terkandung dalam buah dan sayur. Lantas, apa saja arti setiap warna buah dan sayuran untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan?

1. Buah dan sayuran warna merah

Buah dan sayuran berwarna merah dilengkapi dengan fitonutrien yang disebut karotenoid. Zat ini terkandung dalam tomat ceri, apel, semangka, hingga stroberi. Tak hanya memberikan warna, karotenoid juga mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas dikenal sebagai molekul yang dapat merusak protein, membran sel, dan DNA dalam tubuh. Dengan mengonsumsi buah dan sayuran berwarna merah mengandung karotenoid ini, kandungan antioksidan di dalamnya bisa membersihkan dan menstabilkan radikal bebas dan menjaga kerusakan sel dalam tubuh.

2. Buah dan sayur berwarna oranye
Adalagi buah dan sayuran yang punya pigmen warna oranye. Warna itu juga mengandung karotenoid tetapi sedikit berbeda dengan sayuran merah. Jika pada buah dan sayuran oranye, karotenoidnya berupa alfa dan beta karoten serta kurkuminoid. Alfa dan beta karoten tersebut dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A ini juga memiliki antioksidan yang dapat menargetkan radikal bebas yang menumpuk di sekitar membran sel, sehingga bisa sekaligus mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung. Buah dan sayuran dengan warna oranye yang bisa dikonsumsi seperti wortel, jeruk mandarin, labu, dan aprikot.

3. Buah dan sayur berwarna hijau
Warna hijau seringkali ditemukan sayuran. Tak sedikit juga buah-buahan dilengkapi dengan pigmen warna hijau seperti buah alpukat, pir, anggur hijau, dan apel hijau. Buah dan sayuran berwarna hijau ini mengandung banyak fitonutrien termasuk klorofil, katekin, fitosterol, nitrat, dan juga nutrisi penting yang dikenal sebagai folat. Kandungan fitonutrien juga bisa bertindak sebagai antioksidan yang punya fungsi untuk menangkal radikal bebas. Selain manfaat tersebut, warna hijau pada buah dan sayuran ini juga bisa memberikan manfaat penting terhadap kesehatan pembuluh darah dengan membuatnya menjadi lebih elastis dan fleksibel. Dengan manfaatnya tersebut, nantinya mampu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi tekanan darah, hingga mengurangi risiko komplikasi penyakit jantung.

4. Buah dan sayuran berwarna biru dan ungu
Beberapa buah dan sayuran juga ditemukan punya warna biru dan ungu. Biasanya warna ini ada pada buah dan sayur seperti blueberry, blackberry buah plum, dan anggur ungu. Warna tersebut ternyata mengandung fitonutrien jenis lain, termasuk anthocyanin, resveratrol dan tanin. Untuk fitonutrien anthocyanin, mereka memiliki sifat antioksidan yang dapat mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, hingga stroke. Penelitian terbaru juga menunjukkan bukti bahwa mereka bisa memperbaiki memori dengan cara meningkatkan pensinyalan antar sel otak dan mempermudah otak untuk merubah dan beradaptasi dengan informasi baru.

5. Buah dan sayuran berwarna cokelat dan putih

Meskipun tidak sebanyak buah dan sayuran warna lain, tetapi warna cokelat dan putih bisa ditemukan pada makanan seperti bawang putih, kentang, bengkoang, dan pada daging buah pisang. Warna cokelat putih ini berasal dari sekelompok fitonutrien yang dikenal sebagai flavon, termasuk apigenin luteolin, isoetin, dan lain sebagainya. Fitonutrien yang ditemukan dalam sayuran berwarna ini, terutama pada bawang putih adalah allicin yang terbukti punya sifat anti-bakteri dan anti-virus

sumber artikel : https://food.detik.com/info-sehat/d-6431958/kaya-nutrisi-ini-5-arti-di-balik-warna-warni-buah-dan-sayuran/2
sumber gambar : https://www.canva.com/

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar