'Inside Out 2': Evolusi Pemahaman tentang Emosi Manusia
'Inside Out 2': Evolusi Pemahaman tentang Emosi Manusia
'Inside Out 2': Evolusi Pemahaman tentang Emosi Manusia

Film animasi Inside Out yang telah dirilis pada 2015 lalu, menjadi fenomena yang menarik perhatian banyak orang karena caranya yang apik menggambarkan kompleksitas emosi manusia.

Tahun ini, sekuelnya yang cukup dinantikan yakni Inside Out 2 telah rilis di Indonesia pada 14 Juni 2024.

Pada Film Inside Out penonton diperkenalkan pada karakter emosi dalam tubuh seorang gadis bernama Riley, yang mewakili emosi dasar manusia yakni Joy (kegembiraan), Sadness (Kesedihan), Anger (Kemarahan), Fear (Ketakutan) dan Disgust (Rasa Jijik).

Karakter emosi tersebut bekerja sama untuk membimbing Riley melewati perasaan dan pengalaman hidupnya mulai dari bayi hingga memasuki masa remaja.

Namun pada Inside Out 2, penonton akan melihat lebih banyak lagi interaksi antara emosi-emosi tersebut. Terlebih, pada sekuel keduanya ini akan ada evolusi dari karakter sebelumnya. Penambahan karakter emosi dalam tubuh Riley digambarkan lebih kompleks lagi, sesuai dengan emosi pada usia remaja. Kehadiran Anxiety, Envy, Embarrassment dan Ennui, membuat kehidupan remaja Riley menjadi penuh tantangan.

Hal menarik lainnya dari Inside Out 2 adalah penggambaran lebih lanjut tentang emosi yang sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata. Contohnya, perasaan campur aduk antara gembira dan sedih, atau ketegangan emosi yang rumit ketika menghadapi perubahan besar dalam hidup.

Penggambaran perasaan yang sulit dikenali ini dimulai ketika remaja dan masa pubertas. Perjalanan karakter emosi yang digambarkan secara visual dan emosional membuat penonton dapat merasakan dan memahami lebih dalam tentang kompleksitas emosi manusia. Sehingga film ini cocok untuk ditonton seluruh anggota keluarga.

Seperti sekuel pertamanya, Inside Out 2 tentu membawa pesan tentang pentingnya keseimbangan emosi dalam diri seseorang. Bagaimana emosi memiliki peran masing-masing dan tidak ada emosi yang mendominasi, namun bagaimana kita bisa mengatur emosi sesuai dengan kondisi yang tepat. Hal ini tentunya juga akan membantu kita sebagai manusia untuk memahami berbagai macam emosi untuk pribadi yang lebih sehat.

Sumber artikel :  https://www.rri.co.id/hiburan/781434/inside-out-2-evolusi-pemahaman-tentang-emosi-manusia

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar