7 Hal yang Harus Disiapkan sebelum Vaksin Booster Covid-19
7 Hal yang Harus Disiapkan sebelum Vaksin Booster Covid-19
7 Hal yang Harus Disiapkan sebelum Vaksin Booster Covid-19

Pemerintah mulai memberikan vaksin booster Covid-19 untuk masyarakat pada tanggal 12 Januari 2022. Terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum vaksin booster Covid-19.

Vaksin booster adalah suntikan vaksin dosis ketiga yang diberikan untuk memperkuat antibodi dalam melawan virus corona penyebab Covid-19.

Syarat penerima vaksin booster adalah orang berusia 18 tahun ke atas, tinggal di kabupaten/kota yang telah mencapai vaksinasi dosis kedua 60 persen, dan sudah mendapatkan vaksin dosis kedua minimal 6 bulan. Pemberian vaksin booster diprioritaskan untuk lansia dan orang yang memiliki penyakit penyerta.

Persiapan merupakan hal yang penting sebelum mendapatkan vaksin booster. Berikut hal yang harus dipersiapkan sebelum vaksin booster Covid-19.

1. Sediakan waktu
Catat jadwal untuk mendapatkan vaksin. Sediakan waktu yang cukup untuk bisa mendapatkan vaksin tersebut. Mulai dari transportasi ke lokasi penyuntikan, waktu tunggu, hingga waktu setelah mendapatkan vaksin, dan transportasi kembali dari tempat penyuntikan.

Setelah mendapatkan vaksin, setiap orang mesti menunggu sekitar 30 menit untuk melihat reaksi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Setelah itu, baru diizinkan untuk meninggalkan tempat penyuntikan. Pastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk mendapatkan vaksin booster.

2. Gunakan pakaian yang nyaman
Persiapkan pula pakaian yang nyaman dikenakan saat mendapatkan suntikan. Kenakan pakaian yang mudah dibuka pada bagian lengan, misalnya jaket, kemeja, atau kaus longgar. Hal ini akan memudahkan Anda saat disuntik booster.

3. Makan makanan bergizi

Konsumsi makanan yang bernutrisi tinggi sebelum mendapatkan vaksin. Pastikan Anda mengonsumsi makanan bergizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan tubuh sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Jika jadwal vaksinasi di siang hari, bawa bekal yang cukup untuk menghindari lapar atau membeli makan di luar karena dapat meningkatkan risiko terkena Covid-19.

4. Jaga daya tahan tubuh

Pastikan juga Anda menjaga daya tahan tubuh sebelum divaksin. Jika Anda sakit seperti demam atau tidak enak badan, penyuntikan vaksin akan ditunda.

5. Protokol kesehatan
Selalu pastikan Anda menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Gunakan masker dengan benar, rajin mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer jika tidak bisa mencuci tangan, dan menjaga jarak.

6. Jangan panik dengan efek samping
Setelah mendapatkan vaksin booster, efek samping mungkin akan terjadi. Efek samping beragam pada setiap orang. Mulai dari nyeri atau sakit di tempat suntikan, demam, dan lelah.

Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri atau penurunan panas jika mengalami demam.

7. Istirahat yang cukup
Pastikan Anda selalu mendapatkan istirahat yang cukup baik sebelum atau pun setelah vaksin. Istirahat dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.

Itulah hal yang harus dipersiapkan sebelum vaksin booster Covid-19.

sumber artikel : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220111144339-255-745218/7-hal-yang-harus-disiapkan-sebelum-vaksin-booster-covid-19.
sumber gambar :  https://www.canva.com/

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar