6 Kegiatan Hari Minggu agar Lebih Produktif di Hari Senin
6 Kegiatan Hari Minggu agar Lebih Produktif di Hari Senin
6 Kegiatan Hari Minggu agar Lebih Produktif di Hari Senin

Akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh pekerja. Berbagai kegiatan hari minggu bisa disiapkan untuk menghabiskan waktu liburmu. Hari Senin seolah jadi musuh yang harus dihadapi dengan susah payah, makanya hari Minggu jadi waktu tepat untuk recharge dan kembalikan semangat. Nah, kami telah merangkum enam kegiatan ampuh agar kamu bisa lebih produktif tak hanya pada hari Senin, tapi juga selama sepekan berikutnya.

1. Habiskan waktu untuk beristirahat
Mengingat kegiatan hari minggu akan menjadi penutup hari libur, penting untuk menghindari terlalu banyak aktivitas. Tujuannya, merangkum Erin Gobler, agar kamu bisa benar-benar beristirahat dari segala rutinitas dan mempersiapkan diri untuk tetap fit keesokan harinya. Cara lain adalah mengosongkan jadwal hari Minggumu. Fokuskan pada mengembalikan energi yang kamu pakai selama satu minggu sebelumnya. Hal ini akan memberikan waktu senggang untuk kamu benar-benar berlibur dari rutinitas.

2. Memasak sebagai kegiatan hari minggu
Kamu bisa menjalani hari Minggu dengan kegiatan yang bermanfaat seperti memasak. Untuk menyiapkan makan siang atau makan malam usahakan untuk membuat porsi yang sedikit. Hal ini berguna untuk menjaga stamina kamu agar tidak lelah dihabiskan untuk memasak. Dengan begitu kamu bisa mempersiapkan diri untuk menyambut hari Senin dengan lebih berenergi. Pilihlah makanan yang sehat dan ringan seperti salad atau sayuran agar dapat memberikan vitamin yang baik bagi tubuh. Semakin banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi maka daya tahan tubuhmu juga semakin bagus.

3. Membersihkan rumah atau kamar kos
Untuk kamu yang tinggal di rumah, tidak ada salahnya membantu orang tuamu dengan bersih-bersih rumah. Kamu juga bisa memulai dengan skala yang lebih kecil, seperti kamar sendiri. Sisihkan 1-2 jam untuk membersihkan dan merapikan ruangan pribadimu agar dapat beristirahat atau menjalani work from home dengan lebih baik. Sama juga ketika kamu merantau dan tinggal dalam kamar kos. Bersihkan dan rapikan kamar kosmu agar menjaga kesehatan serta produktivitas.

4. Bangun lebih awal dan buat rundown

Memang, di akhir pekan kamu maunya bangun siang dan bersantai. Namun, tak ada salahnya untuk bangun lebih awal atau seperti jam kerja. Kamu bisa menghabiskan banyak waktu untuk melakukan kegiatan-kegiatan self-care. Setelah semua hal itu kamu lakukan, sisihkan waktu sebelum tidur untuk membuat rundown apa saja yang harus kamu kerjakan dan prioritaskan di hari Senin. Kamu pun tak perlu khawatir akan merasa bingung pekerjaan mana yang harus dilakukan lebih dahulu. Mengapa dibuat di hari Minggu? Karena pikiranmu sudah lebih tenang dan clear, jadi lebih mudah dalam membuat prioritas.

5. Tidur tepat waktu
Setelah semua kegiatan kamu lakukan dan prioritas sudah dibuat untuk keesokan hari, saatnya istirahat. Tentunya kamu bisa tidur sesuai dengan jammu sehari-hari. Akan lebih baik, mengutip Morninglaziness, kalau kamu tidur lebih awal lagi. Semuanya supaya kamu bsia bangun lebih segar dan tak malas menghadapi Senin. Kondisi yang lebih segar dan tidur cukup tentunya akan memengaruhi mood serta produktivitasmu sepanjang hari.

6. Refreshing
Menghabiskan hari minggu dengan berlibur bisa menjadi kegiatan pilihan. Kamu juga lebih bersantai dan lepas dari penatnya rutinitas pada hari kerja. Dengan refreshing kamu bisa mengembalikan semangat dan mood baik dalam diri. Tentunya ini akan berpengaruh pada produktivitas kerjamu pada pekan berikutnya. Buat rencana dengan teman dan keluarga, atau bila kamu memilih untuk me time pun tak masalah. Coba lakukan hobi yang belum sempat selama weekdays, lalu makan di restoran baru, nongkrong di kafe, membaca buku, menonton film di rumah atau bioskop, hingga jajan makanan kesukaan.

Itu dia 6 kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi kegiatan hari Minggu agar ketika Senin tiba kamu bisa kembali fresh saat bekerja.

Hindari kebiasaan yang terlalu melelahkan karena nantinya akan mempengaruhi kondisi fisikmu. Semakin lelah kamu akan semakin malas untuk bangun tepat waktu di pagi hari.


sumber artikel : https://glints.com/id/lowongan/kegiatan-hari-minggu-produktif/#.Yc6pE1kxXIU
sumber gambar : https://www.canva.com/

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar