12 Manfaat Jalan Pagi untuk Hidup Sehat
12 Manfaat Jalan Pagi untuk Hidup Sehat
12 Manfaat Jalan Pagi untuk Hidup Sehat

Jalan pagi mungkin masih menjadi angan-angan bagi Anda, yang terlalu sulit bangun pagi. Padahal, manfaat jalan pagi untuk kesehatan, tidak bisa dipandang sebelah mata.

Lantas selama ini, apa yang Anda lakukan saat alarm berdering membangunkan? Anda mungkin akan memencet tombol snooze, tertidur lagi beberapa saat, atau mungkin terbirit-birit ke kamar mandi.Namun, kemungkinan sebaliknya pun bisa terjadi. Anda menjalankan beberapa “ritual” pagi yang positif. Misalnya, minum segelas air hangat, menyeruput secangkir kopi, atau berjemur mencari sinar matahari. Maanfaat jalan pagi berikut tak boleh disepelekan. Selain ritual pagi di atas, jalan pagi berkeliling kompleks juga bisa Anda lakukan agar tubuh senantiasa hidup sehat. Manfaat jalan pagi tersebut, tak hanya untuk organ di tubuh, tapi juga meningkatkan kualitas psikologis Anda.Ada sejumlah manfaat jalan pagi yang bisa Anda dapatkan, mulai dari memberikan energi untuk menjalani hari, mengurangi stres, bahkan berpotensi menurunkan berat badan.Berikut ini penjelasan singkat mengenai manfaat jalan pagi, yang sebaiknya tak Anda lewatkan.

1. Memberikan energi
Manfaat jalan pagi dapat berupa energi yang bisa Anda gunakan, untuk melewati hari tersebut. Beberapa kajian menunjukkan, orang dewasa yang melakukan aktivitas jalan pagi selama 20 menit di luar rumah, mendapatkan energi lebih, dibandingkan orang yang hanya berjalan selama 20 menit di dalam ruangan.Apabila Anda bangun dan merasa lelah, melakukan jalan pagi dapat menjadi aktivitas positif, yang layak dicoba.


2. Melengkapi kebutuhan tubuh untuk beraktivitas fisik
Sebagai orang dewasa yang sehat, Anda disarankan untuk melakukan aktivitas fisik ringan setidaknya 150-300 menit, dalam satu minggu. Kebutuhan tersebut, bisa Anda bagi dalam 5 hari, masing-masing 30 menit per hari untuk melakukan jalan pagi.

3. Memperbaiki mood
Tak hanya untuk kesehatan fisik, manfaat jalan pagi juga berkontribusi terhadap kondisi psikologis Anda. Jalan pagi dapat meningkatkan harga diri atau self-esteem, memperbaiki suasana hati, serta mengurangi stres dan rasa cemas.Tak hanya itu, manfaat jalan pagi lainnya adalah mengikis gejala depresi, serta meurunkan risiko Anda untuk terkena kondisi depresi.


4. Memperkuat jantung
Manfaat jalan kaki setiap hari selama setidakanya 30 menit dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner hingga 19%. Anda juga bisa meningkatkan manfaat ini dengan menambah jarak berjalan secara bertahap.

5. Menurunkan berat badan
Melakukan jalan pagi selama 30 menit, secara tak langsung membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Sebab, jalan pagi dengan durasi tersebut, dapat membakar hingga 150 kalori.Namun harus diingat, penting bagi Anda untuk mengombinasikannya dengan diet sehat, serta melakukan aktivitas fisik lainnya, demi mencapai bobot yang diinginkan.


6. Memperkuat tulang dan sendi
Jalan kaki termasuk olahraga yang menahan beban tubuh Anda sendiri. Karena itu, aktivitas ini bermanfaat dalam mempertahankan kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis. Manfaat jalan pagi juga bisa membantu Anda dalam melindungi sendi di lutut dan pinggul, dengan memicu lubrikasi sendi dan memperkuat otot-otot di sekitar sendi tersebut.

7. Membentuk otot paha

Jangan salah. Jalan santai di pagi hari juga bisa menguatkan dan membentuk otot paha. Anda dapat berjalan santai di tempat menanjak atau rute dengan tangga untuk bisa melatih otot paha. Akan lebih baik lagi jika dikombinasikan dengan olahraga ketahanan lainnya, seperti squat, lunges, dan sebagainya.


8. Membantu Anda menjalani rutinitas harian
Memulai hari dengan melakukan jalan pagi, akan membantu Anda dalam menjalani aktivitas yang hendak dikerjakan. Setelah jalan pagi, pikiran Anda dapat menjadi lebih jernih, tanpa terburu-buru.Manfaat jalan pagi untuk rutinitas tersebut, misalnya, dapat menginspirasi Anda untuk menyiapkan sarapan yang sehat.

9. Menurunkan kadar gula darah
Berjalan kaki di pagi hari juga bisa didapatkan ketika Anda melakukannya sesudah makan, yaitu menurunkan kadar gula darah. Sebuah riset skala kecil menemukan bahwa berjalan kaki selama 15 menit sesudah sarapan, makan siang, dan makan malam berpotensi lebih berpengaruh dalam memperbaiki kadar gula dalam darah, jika dibandingkan berjalan kaki selama 45 menit sekaligus dalam satu waktu tertentu.


10. Meningkatkan kekebalan tubuh
Manfaat jalan pagi lainnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan penyakit-penyakit ringan. Misalnya, batuk, pilek, serta flu.Dalam studi tertentu yang meneliti seribu orang partisipan, para peneliti menemukan bahwa mereka yang rutin berjalan kaki selama 30 sampai 45 menit setiap hari, memiliki masa sakit lebih rendah hingga 43% dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah berolahraga. Jika sakit pun, orang yang rutin berjalan kaki akan lebih cepat sembuh.


11. Meningkatkan suasana hati
Siapa sangka, manfaat jalan pagi dapat meningkatkan suasana hati! Menurut berbagai studi, jalan kaki dapat membantu redakan kecamasan, depresi, dan suasana hati yang buruk. Tidak hanya itu, manfaat jalan pagi pun dipercaya bisa meningkatkan percaya diri!Untuk mendapatkan manfaat ini, cobalah jalan selama 30 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu.


12. Membantu raih ide-ide baru
Sebuah studi juga menjabarkan bahwa jalan kaki dapat membantu Anda untuk mendapatkan ide-ide kreatif yang baru. Di studi itu, para ahli melihat bahwa ide-ide kreatif bermunculan saat partisipan sedang berjalan di luar rumah.

Tips supaya rajin jalan pagi
Untuk mendapatkan manfaat jalan pagi, tentunya Anda harus tahu bagaimana cara memotivasi diri untuk aktif bergerak di pagi hari. Berikut adalah tips yang bisa Anda coba supaya lebih rajin jalan pagi:


1. Jadikan rutinitas
Salah satu cara mudah untuk lebih rajin jalan pagi adalah dengan menjadikannya kebiasaan. Seperti, saat Anda naik kendaraan umum ke kantor, berhentilan sebelum sampai di depan kantor. Hal ini dilakukan agar Anda memiliki waktu untuk berjalan.


2. Sambil mendengarkan musik
Mendengarkan musik atau podcast sambil jalan santai juga bisa memotivasi Anda agar lebih semangat dalam berjalan kaki. Selain itu, musik dapat memberikan ritme pada kaki supaya bergerak lebih stabil.


3. Lewati rute yang menarik

Jika Anda butuh motivas untuk jalan pagi, pilihlah rute yang menarik untuk dilewati. Contohnya, di perkotaan atau taman.

Isi perut sebelum lakukan jalan pagi
Jalan pagi menjadi gaya hidup sehat yang menyenangkan. Sebelum melakukannya, pastikan Anda tidak melakukan jalan pagi dengan perut kosong. Setidaknya, isilah perut Anda dengan camilan maupun minuman sehat, untuk memberikan energi.Beberapa camilan sehat, yang bisa Anda konsumsi sebelum melakukan jalan pagi, yakni:

- Kopi susu
- Jus buah tanpa gula
- Buah pisang
- Sepotong roti gandum panggang dengan balutan selai kacang
- Smoothie buah
- Seporsi kecil oatmeal

Setelah melakukan jalan pagi, Anda bisa menyiapkan sarapan yang juga menyehatkan. Pastikan juga untuk tidak kebablasan dalam mengonsumsi sarapan, terutama jika sedang berusaha menurunkan berat badan.

sumber artikel : https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-jalan-pagi-untuk-kesegaran-hidup
sumber foto :  https://www.canva.com/

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar