9 Tanda Tubuh Terlalu Banyak Konsumsi Gula
9 Tanda Tubuh Terlalu Banyak Konsumsi Gula
9 Tanda Tubuh Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Gula yang bersumber dari bahan alami atau olahan merupakan karbohidrat sederhana dan sering kali ditemukan dalam makanan serta minuman sehari-hari. Meski karbohidrat dibutuhkan tubuh, terlalu berlebihan mengonsumsi gula dinilai kurang baik karena memiliki dampak buruk pada masalah kesehatan. Ada beberapa tanda-tanda tubuh terlalu banyak konsumsi gula yang dapat Anda perhatikan sendiri. Seperti perubahan kulit jadi sensitif hingga kenaikan berat badan. Salah satu cara supaya terhindar dari dampak buruk gula berlebih yaitu membatasi jumlahnya dalam asupan harian.

1. Kecanduan makanan manis

Makanan atau minuman manis memang bisa menimbulkan efek menenangkan dan ketagihan setelah mengonsumsinya. Berdasarkan sebuah studi pada 2019, makanan dan minuman manis sangat berhubungan erat dengan aktivasi jalur neural reward. Jalur tersebut dapat menghasilkan serotonin dan dopamin, yaitu hormon perasaan bahagia, yang dikeluarkan otak saat menikmati makanan manis.

2. Berat badan naik
Tak hanya memberi efek kecanduan, terlalu banyak konsumsi gula erat kaitannya terhadap kenaikan berat badan secara drastis. Sharon Bergquist, profesor kedokteran di Emory School of Medicine, menjelaskan bahwa kelebihan glukosa nantinya diubah menjadi glikogen lalu disimpan di otot dan organ hati. Saat simpanan glikogen mencapai kapasitas maksimal, maka glukosa yang masih tersisa akan diubah menjadi trigliserida atau lemak sehingga menyebabkan berat badan naik.

3. Berjerawat

Penyebab kulit wajah berjerawat tidak selalu karena kesalahan memakai skincare atau paparan sinar ultraviolet (UV), tapi bisa juga disebabkan oleh konsumsi gula berlebih. Hasil studi lain menunjukkan bahwa orang-orang yang gemar mengonsumsi gula cenderung memiliki kulit yang rentan berjerawat.

4. Lemas
Selain kekurangan cairan akibat dehidrasi, tubuh lemas dan lesu dapat dipengaruhi dari asupan gula tinggi. Disamping itu, tubuh juga mengalami defisit serat, lemak, serta protein yang membuat insulin disekresikan lebih cepat untuk segera menstabilkan gula darah. Akibatnya, penurunan kadar gula darah terjadi sangat cepat dan Anda akan merasakan lonjakan energi diikuti dengan penurunan energi drastis.

5. Malas olahraga
Konsumsi makanan tinggi gula dapat menambah berat badan sekaligus menghilangkan motivasi untuk berolahraga. Padahal, olahraga atau aktivitas fisik merupakan cara paling tepat untuk membantu memecah kelebihan gula dalam tubuh. Apabila semangat berolahraga Anda terus menurun, bisa dipastikan hal itu terjadi akibat terlalu banyak konsumsi gula.

6. Penuaan dini

Tanda tubuh terlalu banyak konsumsi gula bisa dilihat dari wajah dengan munculnya garis-garis halus sebagai tanda penuaan dini. Dilansir Eat This, makanan tinggi gula terbukti mempercepat penuaan dini karena gula bereaksi dengan protein dalam aliran darah membentuk produk akhir glikasi lanjutan (AGEs). Selain itu, protein struktural dalam kolagen jadi ikut rusak dan berdampak pada elastisitas kulit yang rentan keriput.

7. Perut kembung
Kelebihan konsumsi gula ditandai dengan perut kembung karena bakteri jahat sangat senang memakan gula dan menghasilkan gas. Produksi gas berlebih ini sangat berisiko menimbulkan rasa sakit, tidak nyaman pada perut, kembung, dan buncit. Disamping itu, gula juga akan memengaruhi proses metabolisme dan mengganggu retensi air jadi kurang efektif.

8. Selalu lapar
Gula sama sekali tidak mengandung serat atau protein sehingga tidak akan membuat Anda merasa kenyang. Parahnya lagi, gula juga dapat meningkatkan kadar gula darah Anda secara drastis namun sangat cepat turun. Dampaknya, muncul perasaan lapar berlebih dan tubuh menginginkan lebih banyak gula untuk kembali bangkit.

9. Insomnia
Mengalami gangguan tidur sehingga sulit nyenyak bisa menjadi salah satu tanda tubuh terlalu banyak konsumsi gula. Hal itu disebabkan oleh gula yang melepaskan energi secara tidak seimbang pada saat tubuh Anda istirahat. Kondisi tersebut berpengaruh pada produksi melatonin (hormon pengatur irama tidur) jadi terhambat dan Anda cenderung gelisah serta sulit tidur.

sumber artikel : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220223152346-260-763026/9-tanda-tubuh-terlalu-banyak-konsumsi-gula/2
sumber gambar : https://www.canva.com/

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar