Tips Menciptakan Rasa Bahagia dalam Bekerja
Tips Menciptakan Rasa Bahagia dalam Bekerja
Tips Menciptakan Rasa Bahagia dalam Bekerja

Tips Menciptakan Rasa Bahagia dalam Bekerja


Bekerja memang untuk mencari uang, namun unsur kebahagiaan juga penting dalam bekerja. Penelitian juga menunjukkan, kebahagiaan dalam bekerja merupakan salah satu hal yang berpengaruh pada kebahagiaan hidup. Jika kita menyukai dan menikmati pekerjaan kita, itu merupakan tanda utama kita bahagia dalam bekerja.  Jika bahagia kita dapat merasa puas dan otomatis membuat diri berusaha untuk melakukan yang terbaik. Selain itu, bekerja dengan bahagia akan memberikan dorongan positif, baik dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi di luar pekerjaan. Kebahagiaan seseorang dalam bekerja pun bisa berbeda tolak ukurnya. Misalnya, ada yang bahagia saat diberi tanggung jawab besar di kantornya, sementara yang lain bahagia jika diberi tanggung jawab yang lebih sedikit.

Besaran gaji bukan satu-satunya faktor yang menentukan kebahagiaan kerja. Struktur organisasi, jenjang karier, hingga kesempatan untuk menambah skill, juga berpengaruh pada kebahagiaan karyawan. Sayangnya tidak semua orang bisa bekerja dengan rasa bahagia. Pasalnya, beberapa orang berpikir kalau bekerja adalah cara untuk mendukung kebutuhan finansial, artinya, mereka hidup untuk bekerja dan tidak peduli dengan kebahagiaan mereka. Ada juga yang bekerja tidak sesuai passion, namun kebutuhan finansial menghalangi mereka untuk mencari pekerjaan lain, membuat mereka tidak bahagia, Walau kita belum menemukan tempat kerja impian sehingga kita merasa bahagia, sebenarnya kita juga bisa menciptakan kebahagiaan itu. Berikut tipsnya. 

  • Disiplin

Dengan disiplin, kinerja kita akan semakin baik dan cepat. Selain itu, kita akan merasa lebih produktif

  • Tunjukkan batasan¬†

Jika jujur tentang kemampuan kita dalam menerima tantangan dari atasan, kita dapat menyesuaikan pekerjaan dengan kondisi mental kita.

  • Berinteraksi dengan kolega untuk mempererat hubungan

Ajak rekan kerja untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan di luar pekerjaan.

  • Multitasking tidak selalu baik

Multitasking mungkin membuat pekerjaan lebih cepat selesai, tetapi ini bisa membuat kita merasa burnout. Saat kita bisa menfokuskan semua energi dan perhatian kita pada satu pekerjaan saja di waktu tertentu, bekerja pun terasa lebih tenang dan menyenangkan.

  • Berkomunikasi dengan jelas

Lihat perbedaannya saat kita mulai memperhatikan dan memutuskan untuk berkomunikasi dengan jelas. Jika orang lain memahami apa yang diharapkan dari diri kita dan sebaliknya, hubungan kita dengan kolega dan atasan pun akan semakin baik.


Sumber Artikel:

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/15/151012020/tips-menciptakan-rasa-bahagia-dalam-bekerja?page=all

Sumber gambar : www.canva.com

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar