Tips Manfaatkan THR, Bisa untuk Investasi!
Tips Manfaatkan THR, Bisa untuk Investasi!
Tips Manfaatkan THR, Bisa untuk Investasi!

Tunjangan Hari Raya (THR) merupakan salah satu yang ditunggu-tunggu. THR ini bisa menjadi tambahan pendapatan buat kamu. Nah dalam kondisi ekonomi yang serba tidak pasti ini, kamu perlu mengambil keputusan dengan lebih logis berkaitan dengan pengeluaran dana THR. Hal ini penting, agar usai Lebaran nanti, dana tidak habis begitu saja dan kamu terbebas dari potensi jerat utang. Mengutip laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), penting bagi kamu untuk bijak dan cermat dalam mengelola THR. Beberapa yang bisa kamu lalukan seelperti menggunakan THR untuk melunasi cicilan, berinvestasi, dan membeli bahan pokok. Jika, ada sisanya, dana tersebut bisa kamu gunakan untuk kebutuhan sekunder.


Nah, untuk lebih rincinya, simak tips manfaatkan THR di bulan Ramadhan.

1. Lunasi utang Sejak awal diterima sebaiknya langsung menggunakan THR untuk melunasi utang dan cicilan. Jangan biarkan utang kamu berlarut-larut agar beban finansial kamu tidak semakin besar. 


2. Sisihkan THR untuk porsi investasi Baiknya, kamu menyisihkan minimal 20 persen untuk tabungan dan investasi. Kamu bisa memilih investasi dengan risiko yang kecil melalui reksadana misalnya. Kamu juga bisa berinvestasi di deposito, dengan tenor yang pendek. 


3. Belanja kebutuhan pokok untuk hari raya dan mudik Saat memasuki bulan Ramadhan, sangat wajar jika harga-harga mulai mengalami kenaikan. Kamu perlu lebih bijak dalam berbelanja untuk mencukupi kebutuhan pokok, serta bijak mengalokasikan dana untuk mudik.


4. Zakat dan sedekah Tentunya kewajiban zakat dan sedekah harus sudah dialokasikan terlebih dahulu. Hal ini mengingat zakat dan sedekah hukumnya wajib bagi yang mampu. Sehingga saat THR kamu sudah ditangan tentu kamu perlu segera menyalurkannya. sebelum mengalokasikan dana THR ini untuk hal-hal lain yaa. 


Nah, jika kamu juga berencana menggunakan dana THR kamu untuk investasi, kamu bisa melirik beberapa produk-produk investasi berikut ini. 

1. Deposito adalah instrumen keuangan yang cocok bagi yang ingin berinvestasi di produk keuangan dengan risiko rendah. Deposito merupakan salah satu produk penyimpanan uang di bank dengan sistem setoran dan juga penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu. Kelebihan utama dari memiliki deposito adalah tingkat suku bunga bank yang diberikan lebih besar daripada produk tabungan biasa. Saat ini kisaran bunga deposito adalah 4 persen - 6,5 persen. Bagi yang hanya menggunakan produk syariah, saat ini juga tersedia deposito syariah. 


2. Reksa dana Bagi kamu yang tertarik untuk berinvestasi di pasar modal namun belum memiliki keahlian yang cukup, dapat memulai investasi melalui reksa dana. Dalam skema investasi reksa dana akan ada Manajer Investasi (MI) yang mengatur ke mana uang kamu akan diinvestasikan. Dengan investasi di reksa dana, risiko investasi kamu akan disebar ke berbagai produk/instrumen sehingga risikonya menjadi lebih rendah. Adapun besaran imbal hasil yang akan kamu peroleh mengikuti produk reksa dana yang dipilih. Apalagi saat ini, kamu sudah bisa memiliki rekening reksa dana dengan modal awal Rp 100.000. 


3. Investasi logam mulia/emas menjadi salah satu alternatif yang cukup ramai digemari oleh masyarakat saat ini. Kini kamu tidak lagi membutuhkan modal besar semenjak hadirnya produk tabungan emas dan pembiayaan emas. Berinvestasi emas merupakan salah satu pilihan investasi yang aman dan menguntungkan, juga dalam jangka panjang harganya cenderung meningkat. Selain itu emas juga sangat mudah untuk diuangkan ketika kamu membutuhkan uang dana untuk keperluan mendesak. 


4. Investasi di Fintech Peer to Peer Lending (P2P lending) Dalam P2P lending, perusahaan fintech menghubungkan 2 pihak yaitu peminjam (borrower) dan penyedia dana (investor). Kamu dapat memanfaatkan P2P lending ini sebagai sarana untuk menambah penghasilan dengan menjadi investor. Menjadi investor di P2P lending cukup praktis khususnya bagi kamu yang terbiasa dengan pemanfaatan teknologi. Namun harus diperhatikan dengan baik bahwa P2P lending yang dipilih harus yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.


Sumber artikel : https://money.kompas.com/read/2023/03/31/161300726/tips-manfaatkan-thr-bisa-untuk-investasi-?page=all#page2
Sumber gambar : https://www.canva.com/, https://www.istockphoto.com

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar