Sikap Rendah Hati Dibutuhkan di Lingkungan Kerja, ini Alasannya!
Sikap Rendah Hati Dibutuhkan di Lingkungan Kerja, ini Alasannya!
Sikap Rendah Hati Dibutuhkan di Lingkungan Kerja, ini Alasannya!


Sikap Rendah Hati Dibutuhkan di Lingkungan Kerja, ini Alasannya!


Banyak hal yang harus Anda ketahui dalam hal bersikap, apalagi di lingkungan kerja atau dunia kerja. Sikap yang Anda lakukan ini akan memengaruhi bagaimana nantinya Anda akan dilihat dan juga bersosialisasi di lingkungan kerja. Salah satu sikap yang dibutuhkan untuk hal ini yaitu sikap rendah hati.

Mengapa sikap rendah hati dibutuhkan dalam lingkungan kerja? Yuk simak ulasan di bawah ini!


Apa Itu Rendah Hati?

Sikap rendah hati atau kerendahan hati ini sendiri berarti suatu sikap yang menyadari keterbatasan kemampuan diri, dan ketidakmampuan diri sendiri dan menjadi tidak kukuh dan sombong. Ini merupakan kebalikan dari flexing.

Sedangkan KBBI sendiri mengartikan rendah hati dengan tidak sombong atau tidak angkuh.

Sikap rendah hari juga dapat dipahami sebagai sikap yang sopan dan memiliki pandangan yang realistis. Namun, bukan berarti merendahkan diri karena rendah hati dan rendah diri berbeda. Rendah hati ini akan menjauhkan Anda dari sikap sombong dan merasa tahu segalanya.

Sikap rendah hati ini harus dimiliki oleh semua orang. Bukan hanya penting di lingkungan kerja, namun manusia sebagai makhluk sosial dan individu yang saling membutuhkan satu sama lain, Anda perlu tetap bersikap rendah hati dimanapun Anda berada.


Manfaat Memiliki Sikap Rendah Hati di Lingkungan Kerja

Mengapa kita harus memiliki sikap rendah hati di lingkungan kerja? Lingkungan kerja menjadi tempat yang paling sering dikunjungi karena Anda menghabiskan banyak waktu disana.

Akan banyak relasi, orang-orang yang lebih berpengalaman dan orang-orang penting lainnya. Oleh karena itu, penting untuk memiliki sikap rendah hati di lingkungan kerja agar tidak tercipta sifat sombong dan merasa paling hebat dan paling mampu.

Apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari bersikap rendah hati di lingkungan kerja? Berikut adalah manfaat rendah hati yang bisa Anda dapatkan:


  • Membangun Hubungan Baik

Manfaat dari sikap rendah hati yang satu ini tentunya sudah sangat jelas terlihat. Jika Anda bersikap rendah hati dan tidak sombong, tentunya Anda lebih bisa membangun hubungan yang baik.

Tidak ada orang yang nyaman dengan orang yang memiliki sikap sombong. Hubungan baik dalam lingkungan kerja tentu sangatlah penting, jika memiliki hubungan baik antar rekan kerja, pastilah lingkungan kerja akan lebih nyaman.


  • Menciptakan Relasi

Bersikap rendah hati dan membangun hubungan yang baik juga bisa berdampak positif dengan menciptakan relasi. Jika di lingkungan kerja, tentunya relasi ini sangat penting baik untuk menunjang karir Anda maupun untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan Anda.


  • Mudah Beradaptasi

Tidak bersikap sombong dan rendah hati akan membuat Anda mengetahui posisi Anda dengan baik dan tidak berlebihan maupun tidak rendah diri. Jika Anda bisa menempatkan diri dengan baik, Anda akan bisa beradaptasi dengan baik pada lingkungan kerja.


  • Dapat Terus Belajar

Bersikap rendah hati akan membuat Anda merasa ilmu dan pengetahuan yang Anda miliki belumlah seberapa. Keingintahuan akan mebuat Anda dapat terus belajar dan bersikap rendah hati. Hal itu juga salah satu yang memicu untuk Anda bisa terus ingin tahu dan mengembangkan kemampuan.


  • Membangun Team Work yang Baik

Relasi dan hubungan yang baik antar rekan kerja di lingkungan kerja memang sangat dibutuhkan. Misalnya jika seorang pemimpin tidak bersikap rendah hati, tentu tim yang berada di bawahnya akan tidak nyaman di lingkungan kerja. Namun, jika Anda bersikap rendah hati, hal ini bisa membangun team work yang baik.


Cara Menjadi Pribadi yang Rendah Hati

Dari beberapa manfaat rendah hati yang bisa Anda dapatkan di atas, tentulah Anda mulai menerapkanny. Bagaimana cara menjadi pribadi yang rendah hati?

  • Menerima Kekurangan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk bersikap rendah hati adalah dengan mengakui bahwa Anda tidak ahli dalam segala hal. Anda harus menerima kekurangan Anda dengan dan mengakuinya untuk bisa bersikap rendah hati.

Jika Anda sudah mengakuinya dan Anda ingin meningkatkan kemampuan Anda, cobalah cari orang yang lebih ahli atau lebih berpengalaman dalam bidang tersebut.


  • Jangan Takut Jika Membuat Kesalahan

Berbuat salah adalah bagian dari proses. Jika Anda ingin bersikap rendah hati, selain mengakui kekalahan, Anda juga harus mengakui kesalahan Anda. Namun juga jangan takut untuk membuat kesalahan karena salah adalah bagian dari proses pengembangan diri Anda.


  • Menumbuhkan Kembali Rasa Ingin Tahu

Sikap 'saya sudah mengetahui segala hal' akan menghalangi Anda untuk belajar dan memudarkan rasa keingintahuan. Teruslah menumbuhkan kembali rasa ingin tahu, karena dengan begitu Anda bersikap rendah hati dan tidak merasa mengetahui segala hal.


  • Menghargai Orang Lain

Setiap orang pasti memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Jika Anda lebih ahli dalam suatu hal dibandingkan orang lain, Anda harus bisa menghargai sesama. Bersikap rendah hati berarti menghargai setiap kemampuan dan proses orang lain.


  • Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Selain menghargai orang lain, rendah hati juga berarti memikirkan diri Anda. Jangan membandingkan diri Anda dengan orang lain dalam aspek apapun. Setiap orang memiliki proses yang berbeda untuk setiap hal.


  • Biasakan Tolong, Terima Kasih, dan Maaf

Dalam bersikap rendah hati, Anda harus menerapkan tolong, terima kasih, dan maaf. Tiga kata tersebut menjadi dasar untuk bersikap baik dan rendah hati juga bisa menghindarkan Anda dari bersikap sombong.


Demikian ulasan mengenai sikap rendah hari. Bukan hanya di lingkungan kerja, tentunya sikap rendah hati ini akan mendatangkan banyak manfaat jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa untuk bersikap rendah hati!


Sumber artikel : https://www.linovhr.com/sikap-rendah-hati/

Sumber gambar : www.canva.com

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar