Perbedaan CV ATS dengan CV Kreatif
Perbedaan CV ATS dengan CV Kreatif
Perbedaan CV ATS dengan CV Kreatif

Perbedaan CV ATS dengan CV Kreatif


CV atau Curriculum Vitae adalah salah satu berkas utama yang harus ada saat melamar pekerjaan, magang, dan volunteer

Di dalam CV terdapat resume diri dan pengalaman yang sudah dilakukan selama sekolah maupun kuliah.  

Baru-baru ini terdapat dua macam CV yang keduanya sama-sama bisa digunakan untuk melamar pekerjaan maupun magang, yaitu CV ATS dan CV kreatif. 

ATS atau Applicant Tracking System adalah teknologi yang memudahkan para HRD untuk menyeleksi CV berbobot sesuai kriteria perusahaan dengan waktu singkat. 

Sedangkan, CV kreatif adalah CV yang memiliki tampilan tidak hanya polos saja tetapi memiliki corak warna dengan kesan elegan.

Lalu, kapan kita bisa menggunakan CV ATS atau CV kreatif? Bagaimana cara membedakannya? Berikut penjelasannya: 


CV Kreatif 

Dilansir dari situs University of Oxford, CV kreatif adalah CV yang tampilannya menarik dengan warna. CV ini lebih memancing HRD karena tampilannya. 

Oleh karena itu, CV kreatif cocok digunakan apabila kamu ingin melamar pekerjaan atau magang posisi yang membutuhkan skill kreativitas seperti desain grafis, ilustrator, fotografer, multimedia, dan sejenis lainnya.   Posisi yang relevan dengan CV kreatif yaitu sales, marketing, reporter, broadcaster, dan masih banyak lagi.  

CV kreatif digunakan saat kamu mendaftar perusahaan kecil menengah. Selain itu, CV ini biasanya digunakan pada perusahaan yang melakukan screening secara manual. 

Meskipun kesannya tidak menggunakan template tetap gunakan bahasa yang efektif agar HRD bisa memahami isi dari CV. 

Font yang digunakan bebas namun lebih baik menggunakan satu jenis font, seperti Arial, Calibri, dan lain-lain.  

Sesuaikan juga bahasa dalam CV dengan kriteria yang dibutuhkan perusahaan agar bisa lolos dalam seleksi berkas. Dalam seleksi CV kreatif, umumya HRD akan memilih atau menilai CV yang dibuat dengan kreatif yang berbeda atau out of the box.


CV ATS  

CV ATS adalah CV formal yang menggunakan teknologi tracking sehingga memudahkan HRD dalam menyeleksi kandidat pelamar. Tampilan CV ini biasanya polos dan hanya terdapat teks saja tidak ada warna seperti CV kreatif. 

CV ATS digunakan untuk melamar perusahaan besar seperti BUMN, FMCG, E-Commerce, dan masih banyak lagi. 

Posisi yang dilamar kebanyakan seperti Admin, Business Development, Legal, HRD, dan lain-lain. CV ATS digunakan bila kamu melamar langsung menggunakan job portal atau website yang langsung terhubung dengan HRD perusahaan yang dituju. 

Karena tampilan yang polos, CV ini mengandalkan keyword agar lolos dalam sistem tracking HRD. Semakin banyak keyword yang digunakan dan sesuai, semakin besar peluang lolos seleksi berkas. 


Sumber artikel: https://www.kompas.com/skola/read/2022/04/20/160000469/perbedaan-cv-ats-dengan-cv-kreatif?page=all

Sumber gambar: www.canva.com

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar