Model 70-20-10 dan Informal Learning
Model 70-20-10 dan Informal Learning
Model 70-20-10 dan Informal Learning

Model 70-20-10 dan "Informal Learning"

Coba jawab dulu pertanyaan ini sebelum melanjutkan membaca: “Siapa orang yang darinya Anda paling banyak belajar?”
Ketika menjawab pertanyaan ini, sebagian besar orang akan menyebutkan orang tuanya, kakaknya, atasannya, atau seorang tokoh tertentu. Jarang yang menyebutkan nama salah seorang gurunya sewaktu mengikuti pendidikan formal, apalagi nama fasilitator yang pernah memimpin pelatihan yang pernah diikutinya! Tentu bukan berarti guru dan fasilitator itu tidak penting. Sama sekali tidak. Hanya saja setelah kita dewasa, harus kita akui bahwa kita belajar lebih banyak dari interaksi kita dengan orang lain dan pengalaman kita sendiri, daripada dari pendidikan dan pelatihan yang telah kita ikuti.
Inilah yang kita sebut dengan Model 70-20-10, yang menyebutkan bahwa kita belajar 70% dari pengalaman kita sendiri, 20% dari hubungan kita dengan orang lain, dan 10% dari pendidikan dan pelatihan yang kita ikuti. Organisasi yang menerapkan model ini menekankan bahwa pengembangan adalah sebuah proses yang berkelanjutan, dimana pelatihan merupakan bagian darinya. Contohnya, ketika seorang pegawai diharapkan mengembangkan kompetensi di bidang tertentu, maka ia akan memulai proses pengembangan dengan bertemu dengan atasannya untuk menetapkan sasaran pengembangan yang spesifik dengan disertai beberapa action plan. Lalu ia juga mendapatkan coaching dari mentornya, dan baru setelah itu ia diikutsertakan dalam pelatihan. Setelah menyelesaikan pelatihan itu dengan baik, ia diikutsertakan dalam proyek lintas fungsional untuk mengasah kompetensinya lebih lanjut, sambil terus mendapatkan coaching dan evaluasi dari atasan dan mentor.
Ini adalah model pengembangan yang telah dilakukan secara efektif di banyak organisasi selama lebih dari 20 tahun. Namun dengan terus berkembangnya teknologi, maka model pembelajaran juga ikut berkembang. Saat ini ini telah muncul satu fenomena belajar yang baru, yang belum tercakup di dalam model 70 20 10, yaitu model informal learning. Orang-orang telah belajar melalui beragam cara, termasuk lewat video, membaca artikel online, ikut serta dalam forum, lewat media sosial, bahkan lewat games.
Tapi tidak berarti bahwa sudah saatnya kita meninggalkan model ini, melainkan kita perlu melengkapinya. Bagaimana menerapkan model informal learning ini? Para manajer lini perlu menyadari bahwa pengembangan SDM bukan hanya tanggung jawab bagian SDM atau Learning Center atau Corporate University saja. Mereka sendiri memegang peranan kunci sebagai orang yang paling tepat untuk mengidentifikasi kebutuhan pengembangan yang dimiliki para pegawainya.
Setiap pegawai juga perlu mengambil tanggung jawab pribadi untuk pengembangan dirinya. Sikap proaktif sangat diperlukan. Kalau tidak, kompetensinya akan segera ketinggalan jaman dan tidak relevan lagi. Ada baiknya juga para pegawai dilibatkan dalam merancang program pelatihan bagi mereka untuk memastikan pelatihan tersebut menjawab kebutuhan riil yang mereka rasakan.
Yang terakhir, bagian yang bertanggung jawas atas Learning and Development (L&D) dalam organisasi memegang peranan yang semakin strategis saat ini. L&D perlu memastikan bahwa para pegawai dapat mengakses sumber daya pembelajaran yang dibutuhkan untuk melakukan informal learning yang didukung oleh ketersediaan sistem informasi. Tentu saja program pembelajaran ini perlu dievaluasi secara berkala untuk memastikan kesesuaiannya dengan kebutuhan dan strategi organisasi.
Dengan peran serta yang aktif dari pegawai itu sendiri, atasannya, dan L&D, organisasi dapat mendorong proses pembelajaran yang efektif untuk menuju learning organization, sambil tetap menerapkan prinsip 70-20-10 dalam perancangan pelatihan.

 
Daniel Wirajaya
Director Lutan Edukasi

Sumber: Harian Kompas Edisi 12 Januari 2019

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar