Mengenal Minat dan Kemampuan Diri untuk Memudahkan Karier di Dunia Kerja
Mengenal Minat dan Kemampuan Diri untuk Memudahkan Karier di Dunia Kerja
Mengenal Minat dan Kemampuan Diri untuk Memudahkan Karier di Dunia Kerja

Di zaman serba digital saat ini, manusia dituntut untuk bekerja lebih kreatif dan cepat. Maka dari itu, kita harus memiliki keahlian dan keterampilan agar bisa bersaing, khususnya bagi generasi muda saat ini. Bagi anak muda, mencari pekerjaan bukan melulu tentang gaji dan karier. Mereka dinilai mendapatkan passion dalam pekerjaan lebih penting.

Berdasarkan survei yang diadakan Femina pada 917 responden yang terdiri dari 3 kategori rentang usia (18-24 tahun: 478 orang), (25-30 tahun: 308 orang), dan (31-36 tahun: 131 orang), sebanyak 50% menyatakan pekerjaan sesuai passion akan menjadi pilihan utamanya. Sedangkan rencana karier yang jelas dan gaji tinggi hanya mendapat suara 28% dan 18%.

Sederhananya, passion berarti kondisi ketika motivasi kuat bertemu dengan emosi yang sama kuatnya. Seseorang yang memiliki passion akan secara terus menerus berpikir untuk mewujudkan sesuatu, dan bahkan tidak akan pernah berhenti sebelum tujuan tercapai. Oleh karena itu, sudah semestinya setiap orang mengetahui passion yang dimiliki.

Sementara itu, dalam dunia pekerjaan, bekerja sesuai passion dapat membentuk tenaga kerja yang memiliki motivasi dan dedikasi tinggi terhadap pekerjaannya.  Mereka akan bersikap lebih ulet serta merasa tertantang untuk terus berkembang dan upgrade skill di bidang pekerjaannya.

Kendati demikian, banyak generasi muda yang belum mengetahui cara untuk menemukan passion yang ingin ditekuni. Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara untuk menemukan passion terhadap seseorang.

Kenali kemampuan diri sendiri

Salah satu cara menemukan dan mengembangkan passion adalah menemukan ketertarikan. Hampir setiap orang memiliki kemampuan dan keterampilannya masing-masing, dengan menemukan ketertarikan pada bidang tertentu, Anda bisa mengembangkannya. Misalnya, Anda memiliki hobi menulis, maka setiap hari harus belajar dan mengasah kemampuan tersebut.

Terus Melatih Kemampuan
Cara mengembangkan passion yang tidak kalah pentingnya ialah terus mengasah kemampuan. Dengan terus berlatih secara disiplin, Anda akan semakin mahir dengan bidang yang disukai. Proses ini sebaiknya dilakukan sejak dini supaya dapat mempersiapkan karier dengan matang, termasuk untuk memilih jurusan kuliah yang akan sangat berdampak pada karier.

sumber artikel :  https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4711370/mengenal-minat-dan-kemampuan-diri-untuk-memudahkan-karier-di-dunia-kerja
sumber gambar :  https://www.canva.com/

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar