LOGO ASIAN GAMES 2018 DAN MIMPI PENDIRI BANGSA
LOGO ASIAN GAMES 2018 DAN MIMPI PENDIRI BANGSA
LOGO ASIAN GAMES 2018 DAN MIMPI PENDIRI BANGSA

Hampir bersamaan dengan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-73, Indonesia akan menjadi tuan rumah pesta olahraga negara-negara Asia, Asian Games 2018. Perhelatan ini akan berlangsung di Jakarta dan Palembang mulai 18 Agustus 2018.

Beragam persiapan telah dilakukan, mulai dari pembangunan fisik sarana dan prasarana yang dibutuhkanhingga pembuatan logo dan mascot Asian Games 2018 yang telah resmi diluncurkan pada Juli 2016 silam.

Jefferson Edri dari Feat Studio, adalah sosok penting di balik perancangan logo ini. Lelaki yang telah mendalami desain grafis sejak tahun 2003 ini mengatakan, logo Asian Games 2018 menyimpan filosofi dan pesan yang ingin disampaikan.
“pesan yang ingin kami sampaikan melalui sistem identitas ini adalah ‘Keep The Dream Alive’. Kami ingin mengingatkan kembali bagwa ada mimpi, visi, dan cita-cita bapak pendiri bangsa yang tertanam di komplek Gelora Bung Karno ini,” tutur Jefferson.

Jefferson mengungkapkan harapannya, agar logo karyanya bisa menjadi pengingat bagi para atlet yang bertanding untuk selalu mengejar mimpi dan cita-cita mereka. Bagi laki-laki yang mendalami visual identity system ini, semangat dan mimpi Bung Karno sangat menginspirasinya dalam merancang sistem identitas Asian Games 2018.

“Beliau melihat ajang Asian Games 1962, Asian Games pertama di Indonesia, sebagai sebuah platform untuk menampilkan Indonesia yang merdeka ke dunia internasional, sehingga banyak sarana yang dibangun untuk mempersiapkan Asian Games 1962,” tuturnya.

Ia menunjuk komplek olahraga Gelora Bung Karno, Stasiun TVRI, Hotel Indonesia, Jembatan Semanggi, dan lainnya sebagai bukti nyata keseriusan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games saat itu.

“Bung Karno melihat olahraga sebagai sarana untuk membangun karakter bangsa. Maka dari itu, waktu itu atlet-atlet Indonesia diberikan ransum yang lebih besar daripada masyarakat pada umumnya. Buat kami, ada mimpi dan visi yang dititipkan ke dalam komplek GBK ini sehingga fungsinya lebih dari sekadar komplek olahraga atau monumen nasional,” lanjutnya.

Makna logo Asian Games 2018 secara umum menggambar matahari sebagai sumber energi yang menyebar ke delapan jalur ke seluruh Asia melalui ajang Asian Games. Selain itu, terselip harapan dalam logo yang proses pengerjaannya memakan waktu 3 minggu ini, agar Indonesia menunjukkan kehebatannya melalui penyelenggaraan acara ini.

Penulis : Jefferson Edri

Majalah Retas vol 8 juli 2018

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar