Kata Tahun Ini Versi Badan Bahasa: Metamesta
Kata Tahun Ini Versi Badan Bahasa: Metamesta
Kata Tahun Ini Versi Badan Bahasa: Metamesta

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa atau Badan Bahasa Kemendikbud mengumumkan kata "metamesta" atau padanan dari kata "metaverse" sebagai Kata Tahun Ini (KTI) 2022.

Dalam unggahan di Instagram, Selasa (27/12), "metamesta" didefinisikan Badan Bahasa sebagai "ruang realitas virtual dalam lingkungan tiga dimensi yang dihasilkan melalui program komputer".

Sebelum "metamesta", Badan Bahasa pernah merilis "milenial" sebagai KTI 2019, "pandemi" sebagai KTI 2020, dan "vaksin" sebagai KTI 2021.

Diberitakan Antara, Badan Bahasa menetapkan "metamesta" sebagai KTI 2022 dengan sejumlah pertimbangan, seperti daftar kata terpopuler menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBB).

Selain itu ada frekuensi kemunculan di Google Trends, penanda berbagai peristiwa, penggunaan kata di berbagai kalangan, dan keluasan distribusi kata.

Meski begitu, berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di KBBI Daring Kemendikbud pada Rabu (28/12), tidak ada kata "metamesta" dalam pencarian terpopuler tahun ini. Pencarian terbanyak adalah "metaverse" dibanding "metamesta". Selain itu, pencarian soal "metaverse" juga menurun semenjak pekan pertama Februari 2022.

Di sisi lain, Google Trends di Indonesia justru mencatat kata kunci "apa arti bestie" sebagai yang terpopuler tahun ini, diikuti dengan "Citayam Fashion Week", "gempa hari ini" , "G20" , dan "deep talk".

Kata "metamesta" sendiri terbilang jarang digunakan oleh media yang lebih sering merujuk pada "metaverse" untuk membahas soal semesta virtual yang mulai tren sejak pandemi itu.

Koordinator Kelompok Kepakaran layanan Profesional Perkamusan dan Peristilahan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek, Adi Budiwiyanto mengakui sebenarnya ada kata lain untuk diusulkan menjadi KTI, yakni "presidensi".

Gagasan "presidensi" tersebut diusulkan merujuk pada kepemimpinan Indonesia dalam G20 yang puncak pertemuannya digelar di Bali pada November lalu.

"Akan tetapi, 'metamesta' itu telah banyak dibincangkan sejak beberapa tahun dan kian populer pada 2022. Berbagai aspek sosial berlomba-lomba untuk menerapkan konsep teknologi itu dalam kesehariannya." klaim Adi.

Sumber artikel : https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20221228114718-241-893052/kata-tahun-ini-versi-badan-bahasa-metamesta
Sumber gambar : https://www.canva.com/

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar