Jangan Panik, Berikut 7 Hal yang Harus Dilakukan saat Gempa Bumi
Jangan Panik, Berikut 7 Hal yang Harus Dilakukan saat Gempa Bumi
Jangan Panik, Berikut 7 Hal yang Harus Dilakukan saat Gempa Bumi

Indonesia berada di pertemuan tiga lempeng dunia, yaitu Eurasia, Indo-Australia, dan Pasifik. Alhasil, tidak mengherankan apabila gempa bumi terhitung sering terjadi di Indonesia. Lantas, apa tindakan yang harus dilakukan saat gempa bumi terjadi?

1. Tetap dan Terus Berpikir Jernih
Bersikap tenang merupakan langkah pertama ketika menghadapi semua bencana alam. Laman resmi Kemdikbud menyebut bahwa pikiran tenang dapat membantu masyarakat untuk membuat keputusan yang jernih dan optimis untuk menyelamatkan diri. Namun, perlu diingat bahwa sikap tenang bukan berarti bersikap santai dan abai dengan kondisi yang sedang terjadi.

2. Hindari Berbagai Material

BMKG menyebut bahwa salah satu penyebab banyaknya korban jiwa akibat gempa bumi adalah adalah keruntuhan material atau tertimbun bangunan yang rubuh. Sebab itu, ketika gempa terjadi, masyarakat diimbau untuk segera menghindari berbagai material dan mencari tempat terbuka.

3. Tindakan Ketika di Dalam Ruangan
Apabila gempa bumi terjadi saat Anda di dalam ruangan, tindakan bersembunyi di bawah meja mampu menjadi langkah praktis untuk menyelamatkan diri.

4. Ketika di Luar Ruangan

Jika gempa terjadi saat Anda di luar ruangan, sebaiknya Anda memperhatikan langkah agar tidak terjerumus pada retakan tanah. Anda dapat juga untuk segera berlari ke tempat terbuka untuk menghindari bangunan yang rubuh di sekitar.

5. Saat di Dalam Kendaraan
Dalam kondisi ini, perlu ditanamkan prinsip bahwa nyawa Anda jauh lebih berharga daripada harta. Karena itu, saat di dalam mobil, BMKG menyarankan Anda untuk segera keluar dan mencari tempat terbuka daripada berlama-lama dan panik di dalam mobil.

6. Saat di Sekitar Pantai

Dalam beberapa kasus, gempa bumi dapat pula menyebabkan tsunami. Karena itu, apabila Anda tinggal di daerah pesisir, berlari ke tempat yang lebih tinggi dan terbuka menjadi salah satu cara untuk menyelamatkan diri.

7. Antisipasi Gempa jika Tinggal di Daerah Pegunungan
Selain di daerah pesisir, gempa bumi juga berbahaya bagi Anda yang tinggal di daerah pegunungan. Sebab, gempa bumi dapat memicu tanah longsor. Karena itu, sesungguhnya Anda diimbau untuk menghindari pembangunan rumah di daerah rawan longsor dengan permukaan rapuh.

Ketujuh tindakan tersebut perlu dipahami oleh setiap masyarakat. Sebab, apabila gempa bumi terjadi, komunikasi dan informasi sering kali terputus sehingga masyarakat tidak memiliki bekal informasi apa pun.

sumber artikel :  https://tekno.tempo.co/read/1665149/jangan-panik-berikut-7-hal-yang-harus-dilakukan-saat-gempa-bumi
https://www.canva.com/

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar