Hari Bumi 2022: Tema, Sejarah, dan Penyelamatan Bumi Dari Pemanasan Global
Hari Bumi 2022: Tema, Sejarah, dan Penyelamatan Bumi Dari Pemanasan Global
Hari Bumi 2022: Tema, Sejarah, dan Penyelamatan Bumi Dari Pemanasan Global

Hari Bumi dirayakan setiap tahun pada tanggal 22 April. Hari Bumi 2022 jatuh pada hari Jumat, 22 April 2022. Setiap tahun pada tanggal 22 April, milyaran orang di seluruh dunia bergabung bersama memperingati Hari Bumi. Hari Bumi diperingati untuk meningkatkan kesadaran tentang perlindungan lingkungan dan keanekaragaman hayati. Hari Bumi merupakan momentum masyarakat global dalam misi penyelamatan bumi dari pemanasan global yang sekarang semakin terasa dampaknya.

Berikut sejarah singkat Hari Bumi
- Meskipun perayaan Hari Bumi pertama diadakan pada 22 April 1970, tetapi gagasannya telah diungkapkan pada tahun 1968.
- Pada tahun 1968, Layanan Kesehatan Masyarakat AS menyelenggarakan Simposium Ekologi Manusia.  Acara tersebut mengundang mahasiswa untuk datang dan mendengarkan para ilmuwan berbicara tentang dampak kerusakan lingkungan terhadap kesehatan manusia.
- Dua tahun kemudian, Senator AS dan aktivis lingkungan Gaylord Nelson menuntut pembentukan badan lingkungan.  Sebuah protes besar-besaran dilakukan oleh mahasiswa dari ribuan universitas, sekolah, dan masyarakat yang ikut ambil bagian.
- Tanggal 22 April 1970, Hari Bumi pertama.
- Kemudian pada tahun 1972 pemerintah AS membentuk Badan Perlindungan Lingkungan dan meloloskan Clean Air Act.
- Tahun 1990, Hari Bumi mendunia, dengan lebih dari 140 negara berpartisipasi dalam acara tersebut.
- Pada tahun 1995 Senator Nelson, orang di balik gerakan Hari Bumi dianugerahi Presidential Medal of Freedom.  Organisasi Hari Bumi dunia telah membuat pengumuman resmi. Tema Hari Bumi 2022 adalah 'Invest In Our Planet.'

Poin kunci di sini adalah bertindak dengan berani, berinovasi secara luas, dan menerapkan secara adil.  Setiap pemerintah, pengusaha, dan individu di dunia ini memiliki suara untuk mendukung tema tersebut. Tidak akan ada satu orang yang bisa melakukan semuanya. Diperlukan tim dan kerjasama dari setiap lapisan masyarakat mulai dari bawah sampai atas.

Perusahaan yang cerdas dan inovatif menyadari bahwa Go Green akan membantu semua dalam menyelamatkan Bumi dari pemanasan global.  Suhu global meningkat, bumi menjadi panas, gletser mencair dan permukaan laut naik. Perubahan cuaca ini secara drastis mempengaruhi satwa liar dan hutan.  Pemanasan global terjadi karena efek rumah kaca. Beberapa faktor penyebabnya adalah pembakaran bahan bakar fosil, penggundulan hutan, dan industrialisasi.  Akibatnya, hal itu menyebabkan kekeringan, curah hujan yang tinggi dan tidak menentu, angin topan, gelombang panas ekstrem dan kondisi cuaca ekstrem lainnya.

Kita perlu menerapkan cara untuk menghentikan pemanasan global, dan menyelamatkan Bumi ini dari efek buruk pemanasan global yang terjadi di seluruh planet ini.

sumber artikel :  https://kedu.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-2384272752/hari-bumi-2022-tema-sejarah-dan-penyelamatan-bumi-dari-pemanasan-global?page=3
sumber gambar :  https://www.canva.com/

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar