Dari Negara Mana Lato-lato Berasal? Begini Asal Usul Penemuannya
Dari Negara Mana Lato-lato Berasal? Begini Asal Usul Penemuannya
Dari Negara Mana Lato-lato Berasal? Begini Asal Usul Penemuannya

Permainan lato-lato menjadi tren dan banyak digandrungi anak-anak Indonesia. Hal ini menimbulkan beragam pertanyaan, salah satunya dari negara mana asal lato-lato?

Lato-lato merupakan gim anak-anak yang terbuat dari bahan plastik dan terdiri dua bandulan pendulum serta disambungkan dengan seutas tali atau benang nilon. Di bagian tengah tali terdapat sebuah cincin yang berfungsi sebagai pegangan untuk menggerakan dua banduan tersebut.

Cara memainkan lato-lato pun terlihat cukup mudah bagi sebagia orang, yakni dengan membenturkan dua bendulan sehingga menimbulkan suara tek-tek-tek.

Mengutip Bisnis.com, lato-lato berasal dari negara Amerika Serikat pada 1960-an. Namun, mulai populer di negara Paman Sam tersebut pada 1970. Pada 1970-an, permainan lato-lato sempat di larang oleh penjabat sekolah AS. Menggunakan material kaca, permainan yang harus dibanting ini rawan pecah. Pecahan kacanya pun tak bisa diprediksi. Berterbangan ke mana-mana, pecahan lato-lato pun kerap mengenai tubuh seseorang. Selain di Amerika Serikat, lato-lato juga mirip dengan boleadoras atau bolas, senjata pilihan untuk gaucho koboi Argentina. Permainan koboi ini juga ternyata menelan korban, sehingga dilarang penggunaannya oleh pemerintah setempat.

Meski berasal dari negara Amerika Serikat, kata lato-lato merupakan sebutan permainan tradisional yang berasal dari bahasa Bugis, Sulawesi Selatan.

Viralnya lato-lato di Indonesia ini tak bisa lepas dari pengaruhi media teknonlogi dan juga produsen permainan anak. Hal tersebut diungkap oleh Dosen Ilmu Sejarah Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Ikhsan Rosyid Mujahidul Anwari. “Masing-masing zaman atau era selalu punya zeitgest atau yang kita sebut sebagai jiwa zaman. Kebetulan, sekarang permainan lato-lato. Siapa yang menyebabkan permainan tersebut populer, salah satunya produsen media permainan anak dan saya kira hal ini akan berulang pada waktu mendatang,” ujar dia dalam keterangan tertulisnya yang ada di situs resmi Unair.


sumber artikel : https://www.solopos.com/dari-negara-mana-lato-lato-berasal-begini-asal-usul-penemuannya-1522796
sumber gambar :  https://www.canva.com/

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar