Cara Menetapkan Tujuan SMART di Tahun 2024 dan Membuatnya Dapat Dicapai
Cara Menetapkan Tujuan SMART di Tahun 2024 dan Membuatnya Dapat Dicapai
Cara Menetapkan Tujuan SMART di Tahun 2024 dan Membuatnya Dapat Dicapai

Baik dalam urusan bisnis maupun pribadi, terbukti secara ilmiah bahwa menetapkan tujuan yang jelas dan dapat ditindaklanjuti akan meningkatkan peluang Anda untuk berkembang atau membuat perubahan yang berarti.

Tapi, apa arti sebenarnya? Ingat, tidak harus malam tahun baru untuk membuat perubahan atau memutuskan melakukan sesuatu dalam bisnis (atau hidup Anda) secara berbeda. Waktu terbaik untuk menetapkan dan menilai tujuan dan pencapaian Anda adalah saat ini.

Kenyataannya adalah, resolusi Tahun Baru kebanyakan orang sudah tidak berlaku lagi sebelum akhir Januari, sehingga menimbulkan pertanyaan: Apa yang salah? Mengapa orang-orang tidak menindaklanjuti resolusi mereka? Apa yang bisa kita pelajari tentang cara menetapkan tujuan yang lebih baik sepanjang tahun?

Masalah umum yang harus dihindari saat menetapkan tujuan

Jika Anda kesulitan mencapai tujuan Anda, jangan menyerah dulu. Mulailah dengan mengatasi apa yang menyebabkan Anda gagal di masa lalu. Berikut beberapa kendala umum yang mungkin Anda alami saat menetapkan tujuan bisnis.


Menetapkan tujuan tanpa arah yang jelas

Kita sering menetapkan tujuan—baik dalam kehidupan pribadi atau bisnis—tanpa memikirkan alasan kita melakukannya. “Saya akan menjadi bugar” atau “Saya ingin menghasilkan lebih banyak uang” atau “Saya ingin menggandakan penjualan kami pada kuartal pertama tahun 2024″—Jika ini terdengar seperti Anda, Anda tidak sendirian.

Masalahnya adalah pernyataan-pernyataan semacam ini hanyalah pernyataan-pernyataan yang tidak mempunyai arti, tidak ada alasan, dan kurang spesifik. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mempertimbangkan serangkaian tujuan sebelum mencoba mencapai tujuan yang sulit dipahami tersebut.


Menetapkan tujuan yang tidak realistis

Ada banyak alasan mengapa orang tidak berpegang pada tujuan mereka. Namun alasan utamanya adalah orang-orang menetapkan standar yang terlalu tinggi. Resolusi seperti “menurunkan berat badan 50 pon dalam dua minggu” tidak mungkin tercapai, dan orang-orang menyerah sepenuhnya pada tujuan mereka ketika hasilnya tidak terlihat cukup cepat.

Dalam bisnis, hal ini mirip dengan menghasilkan $10K dalam satu tahun dan mengharapkan peningkatan pendapatan sebesar 1.000 persen, padahal kenyataannya mungkin hanya akan ada peningkatan 10 hingga 15 persen (jika tidak ada perubahan eksponensial dalam bisnis Anda). Anda perlu menciptakan ekspektasi yang realistis untuk diri sendiri dan bisnis Anda.


Kurang motivasi

Penting untuk mengenali apa yang Anda anggap sebagai “sukses”, dan mencatat sikap Anda terhadap kegagalan. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang sangat sukses mempunyai motif yang kuat untuk mencapai prestasi, sedangkan orang-orang yang kurang sukses fokus untuk menghindari kegagalan.

Apakah Anda cenderung menyalahkan faktor eksternal ketika Anda tidak berhasil? Atau apakah Anda mengambil tanggung jawab, bertahan, dan memandang kemunduran sebagai peluang untuk berkembang?

Jika Anda terus-menerus menyerah setelah setiap kemunduran, Anda tidak akan pernah mencapai tujuan yang Anda tetapkan. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk memiliki pencapaian, metrik, atau cara lain untuk mengukur kesuksesan untuk membantu Anda mengatasi kegagalan atau kesalahan langkah.


Bagaimana menetapkan tujuan yang dapat dicapai

Sekarang Anda tahu apa yang harus dihindari, tapi bagaimana sebenarnya Anda menetapkan tujuan yang bisa dicapai? Ikuti 5 langkah berikut untuk mengetahuinya.


1. Tetapkan Tujuan SMART

Meskipun tidak realistis untuk menetapkan ekspektasi yang sangat tinggi pada awalnya, bukan berarti tidak bijaksana untuk memiliki tujuan yang tinggi . Memiliki serangkaian tujuan, mulai dari yang dapat dicapai, kemungkinan besar, dan mungkin dilakukan, merupakan hal yang bagus ketika memikirkan masa depan.

Sasaran yang “dapat dicapai” adalah sasaran yang dapat diselesaikan dalam waktu dekat, “kemungkinan” adalah sasaran yang dapat dicapai dalam waktu dekat tergantung pada faktor-faktor tertentu, dan sasaran “mungkin” adalah sasaran yang agak tidak masuk akal namun pada akhirnya dapat tercapai. terjadi jika Anda atau bisnis Anda mencapai titik tertentu.

Cara terbaik untuk mengatur berbagai kemungkinan ini adalah dengan menyusunnya sebagai Sasaran SMART.


Apa Sasaran SMART itu?

Cerdas hanyalah sebuah akronim yang mewakili langkah-langkah untuk menetapkan tujuan. Secara umum, tujuan Anda harus:

  • Spesifik
  • Terukur
  • Dapat dicapai
  • Relevan
  • Dibatasi waktu

Beberapa profesional berpendapat bahwa hal ini harus diperluas menjadi LEBIH CERDAS dengan menyertakan proses evaluasi dan peninjauan. Meskipun kami setuju dengan perlunya evaluasi dan peninjauan, hal ini harus menjadi bagian aktif dari bisnis Anda dan bukan langkah sederhana saat menguraikan tujuan. Untuk informasi lebih lanjut tentang itu, lihat artikel kami tentang menjalankan rapat tinjauan rencana bulanan .


2. Jawab pertanyaan spesifik

Untuk mempertajam tujuan Anda secara spesifik, Anda perlu mempelajari lima pertanyaan berikut.

  • Apa yang ingin saya capai?
  • Mengapa tujuan ini penting?
  • Siapa yang terlibat?
  • Di mana letaknya?
  • Sumber daya apa saja yang akan dilibatkan?

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi apakah suatu tujuan relevan dengan bisnis Anda, dan apakah tujuan tersebut benar-benar mencapai apa yang Anda harapkan. Anda juga akan mengalokasikan sumber daya dan anggota tim pada tahap ini, menetapkan parameter yang jelas tentang bagaimana hal tersebut akan dicapai dan siapa yang akan memimpin prosesnya.


3. Menetapkan indikator kinerja

Mengetahui alasan Anda mengejar suatu tujuan, apa yang ingin Anda capai, dan sumber daya apa yang akan digunakan tidaklah cukup. Anda juga perlu menentukan seperti apa kesuksesan dengan menetapkan indikator kinerja untuk membantu melacak proses Anda.


Anda diharapkan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti:

  • Berapa laba atas investasi yang kita perlukan?
  • Berapa banyak penjualan atau pendaftaran tambahan yang kami perlukan?
  • Bagaimana kita tahu kapan tujuan tercapai?

Pengukuran ini dapat mencakup indikator berdasarkan data serta langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti yang harus diambil. Dengan melacak hasil, Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi apakah Anda berada di jalur yang benar atau apakah Anda perlu mengubah sasaran berdasarkan kinerja yang buruk. Metrik yang Anda putuskan untuk dilacak akan sepenuhnya bergantung pada bisnis atau proyek Anda, namun berikut beberapa metrik utama yang kami sarankan untuk Anda pertimbangkan.


4. Tentukan apakah tujuan Anda dapat dicapai dan relevan

Kami akan menggabungkan kedua langkah ini dalam mengembangkan Sasaran SMART karena keduanya akan memberi tahu Anda apakah sasaran Anda benar-benar mungkin atau tidak.


Pertama, Anda perlu menentukan apakah tujuan Anda benar-benar mungkin. Saat pertama kali menetapkan tujuan Anda, ada baiknya Anda membuang semuanya, tidak peduli betapa gilanya ide tersebut. Dari sana, terserah pada Anda untuk mempertajam apa yang sebenarnya mungkin dilakukan dengan menentukan batasan waktu, keuangan, dan kendala lain yang mungkin membatasi upaya Anda.

Sisi lain dari hal ini adalah menentukan apakah tujuan baru Anda benar-benar relevan dengan bisnis Anda. Apakah ini berlaku untuk kebutuhan bisnis Anda saat ini? Apakah ada tujuan lain yang harus diprioritaskan? Apakah waktu, uang, dan upaya yang dikeluarkan tampak bermanfaat?

Jika Anda menjawab “tidak” pada pertanyaan apa pun saat ini, mungkin inilah saatnya untuk kembali ke langkah 1 atau mencari jalur alternatif untuk tujuan Anda saat ini. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menetapkan OKR (Tujuan dan Hasil Utama) untuk bisnis Anda yang bertindak sebagai panduan untuk hal-hal penting. Hal hebatnya adalah Anda benar-benar dapat menjalani proses yang sama untuk menetapkan tujuan yang lebih besar, namun menetapkannya akan membantu membuat keputusan penetapan tujuan di masa depan menjadi jauh lebih mudah.


5. Tetapkan jadwal

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah menetapkan tanggal target untuk menyelesaikan tujuan Anda. Hal ini dimaksudkan untuk membantu Anda memprioritaskan proyek dan tujuan yang lebih besar saat Anda menangani tindakan sehari-hari. Namun tidak cukup hanya dengan menetapkan tanggal penyelesaian, untuk benar-benar memberi diri Anda kesempatan, Anda perlu menetapkan pencapaian.

Ini bisa menjadi momen ketika Anda meninjau kemajuan, berharap untuk menyelesaikan suatu tahap tujuan Anda, atau ketika Anda perlu memutuskan bagaimana melanjutkannya. Dengan menetapkan tahapan yang lebih kecil dalam jadwal yang lebih besar, Anda akan memastikan bahwa Anda tidak pernah kehilangan jejak tujuan Anda dan dapat secara aktif membuat keputusan untuk membantu Anda mencapainya.

Jika Anda memiliki rencana bisnis, Anda sebenarnya dapat memanfaatkannya untuk menetapkan pencapaian dan membuat peta jalan untuk bisnis Anda .


Cara tambahan untuk membantu memastikan Anda mencapai tujuan Anda

Setelah Anda menjalani prosesnya dan menetapkan tujuan, ada beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang Anda untuk benar-benar mencapainya.


Beritahu yang lain

Mungkin tujuan Anda di tahun 2024 adalah memperbarui rencana bisnis Anda . Hal pertama—beri tahu seseorang yang dekat dengan Anda, atau sekelompok orang—tentang tujuan Anda. Dengan cara ini, Anda menjadi lebih bertanggung jawab atas tindakan Anda dan mendapat dukungan dari orang lain untuk membuat Anda terus maju. Lebih bagus lagi jika Anda bisa bermitra dengan seseorang yang memiliki tujuan yang sama sehingga Anda bisa saling mendukung.

Pujian rutin dari jaringan Anda dapat memberi Anda dorongan yang sangat dibutuhkan pada titik-titik kritis dalam upaya Anda meraih kesuksesan. Suntikan positif ini adalah sesuatu yang tidak bisa Anda dapatkan jika melakukannya sendirian. Di sisi lain, akan lebih mudah untuk berhenti jika Anda satu-satunya orang yang harus Anda jawab.


Selamat bersenang-senang

Anda tidak harus bekerja keras dan tidak bermain-main saat mengambil langkah menuju kemenangan. Anda harus menetapkan tujuan yang menantang, tetapi juga menarik, menginspirasi, dan membuat Anda ingin bangun dari tempat tidur di pagi hari.

Luangkan waktu untuk menghargai diri sendiri dan izinkan diri Anda untuk beristirahat ketika keadaan menjadi sulit. Semuanya kembali pada alasan mengapa Anda melakukannya. Jika Anda tidak bisa bersenang-senang selama ini, apakah itu sepadan?


Tantang dirimu sendiri

Sama seperti sebuah tujuan yang bisa dicapai, tidak ada gunanya menetapkan tujuan yang terlalu mudah. Jika Anda sudah berlari beberapa kali setengah maraton, jelas tidak akan terlalu melelahkan untuk melakukan satu kali lagi. Mendaftar untuk kompetisi maraton penuh atau ironman adalah cerita yang berbeda.

Melakukan hal-hal yang meregangkan dan menantang Anda adalah hal yang membuat hidup menyenangkan, dan membuat perasaan pencapaian menjadi lebih manis.


Cobalah sendiri

Anda sekarang harus memiliki informasi yang cukup untuk memiliki kepercayaan diri untuk menetapkan target yang menantang namun dapat dicapai dan menaklukkannya. Jangan takut gagal ketika mencoba mencapai tujuan Anda. Anda sering belajar lebih banyak dari kesalahan Anda daripada kesuksesan Anda.


Tahun ini, bagaimana Anda akan memastikan bahwa Anda berhasil mencapai tujuan Anda?


Sumber Artikel : https://www.liveplan.com/blog/setting-goals-this-year-should-you-bother/

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar