Cara-Cara Profesional Dalam Melewati Masalah di Kantor
Cara-Cara Profesional Dalam Melewati Masalah di Kantor
Cara-Cara Profesional Dalam Melewati Masalah di Kantor

Dunia pekerjaan memang tidak ada habisnya. Setiap hari, orang-orang pergi ke kantor untuk bekerja dari pagi hingga malam. Masing-masing pekerjaan memiliki tanggung jawab yang berbeda-beda, dari tanggung jawab yang hanya kecil hingga besar. Rasa tanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu selalu ada di setiap pikiran para karyawan. Profesi yang ada pun sudah dipilih oleh masing-masing orang, sesuai dengan keinginan dan passion mereka.

Namun saat Anda bekerja, ada satu hal yang harus dijunjung tinggi, yaitu profesionalitas. Jika ada profesionalitas, maka posisi Anda sebagai karyawan akan mendapatkan satu nilai lebih di mata orang-orang yang ada di sekitar Anda, seperti rekan kerja hingga bos. Namun jika profesionalitas itu tidak Anda tunjukkan, maka pandangan orang lain terhadap Anda bisa merosot tajam.

Profesionalitas tidak hanya perlu ditunjukkan di dalam pekerjaan sehari-hari, tapi juga ketika ada masalah di kantor. Ya, setiap profesi akan melewati masalah di kantor yang berbeda-beda. Namun secara garis besar, sebenarnya ada masalah-masalah yang lazim terjadi di dunia pekerjaan. Sayangnya, banyak orang yang akhirnya memilih langkah penyelesaian masalah yang tidak tepat. Akhirnya, malah bisa terjadi satu hal-hal negatif yang tidak diinginkan, seperti terkena blacklist, dicap tidak profesional, dinilai tidak bertanggung jawab, dan sebagainya.

Untuk itu, dari setiap masalah yang biasa terjadi di dalam dunia pekerjaan, perlu jalan keluar yang menjunjung profesionalitas juga. Di bawah ini, ada enam cara profesional yang bisa Anda ketahui untuk melewati masalah di kantor. Masalah-masalah yang disebutkan ini pun juga sangat sering terjadi di masing-masing perusahaan.

1. Beban pekerjaan yang tiba-tiba naik drastis

Masalah pertama yang sering terjadi di dunia pekerjaan adalah beban pekerjaan yang tiba-tiba bisa naik secara drastis. Untuk masalah ini, memang cukup lazim terjadi. Dari yang awalnya semua berjalan dengan normal dan pas dari segi beban kerja, tiba-tiba ada tugas baru serta berlangsung secara terus menerus tanpa henti. Akhirnya beban pekerjaan Anda malah naik secara drastis dan membawa satu masalah baru yang tiada hentinya.

Untuk bisa mencari jalan keluar dari masalah ini, sebaiknya Anda berdiskusi terlebih dahulu dengan atasan. Sampaikan isi hati Anda tentang beban pekerjaan yang naik drastis ini. Dengan menceritakan masalah ini kepada atasan, bisa ada jalan keluar yang dilakukan oleh atasan Anda. Biasanya jalan keluar yang dilakukan aalah membagi tugas Anda dengan rekan kerja lain.

2. Konflik dengan rekan kerja lainnya

Konflik di dalam dunia pekerjaan terhitung wajar dan sering terjadi, apalagi yang tugas pekerjaannya sering bersentuhan dengan tugas Anda juga. Namun sayangnya, jalan keluar yang dipilih terkadang tidak tepat. Akhirnya malah menunjukkan sifat tidak profesional yang bisa membawa masalah baru lainnya.

Agar bisa keluar dari masalah ini, Anda harus tetap bersikap profesional. Salah satunya adalah dengan mengesampingkan ego, yang memang menjadi masalah utama dari penyelesaian konflik ini. Di dalam pikiran Anda, sebaiknya pikirkan kalau konflik yang ada harus segera selesai. Jika tidak, malah bisa berlarut-larut dan mengganggu kinerja divisi atau bahkan perusahaan. Anda bisa memutuskan untuk tidak terlalu peduli dengan tingkah laku rekan kerja yang berkonflik dengan Anda atau bisa juga dengan berdiskusi dengan rekan kerja lainnya agar bisa dicari jalan tengah.

3. Ingin protes karena adanya masalah tertentu

Masalah-masalah yang ada di dalam pekerjaan memang tidak ada hentinya. Ada saja yang tiba-tiba muncul dan membuat mood kerja Anda menjadi turun. Jika memang ada hal yang tidak enak di hati Anda sehingga bisa membuat kinerja Anda terganggu, sampaikan langsung ke atasan Anda. Cara penyampaiannya pun harus dengan cara yang profesional, seperti bertatap muka langsung dengan atasan atau di dalam meeting yang sedang dilakukan. Perlu diingat, Anda jangan menunda protes ini terlalu lama agar masalah yang ada bisa segera diketahui sehingga bisa segera diselesaikan. Semakin cepat selesai, semakin baik juga.

4. Mendapatkan bullying atau diskriminasi

Masalah lain di dunia pekerjaan yang sangat mengganggu adalah mendapatkan bullying atau diskriminasi. Masalah ini pastinya sangat tidak nyaman jika menerpa Anda, apalagi saat sedang bekerja, karena keberadaan Anda di sana untuk mencari nafkah dan meningkatkan karier Anda. Alih-alih mencapai tujuan, yang ada malah mendapatkan perbuatan tidak enak dari rekan kerja lainnya.

Untuk bisa menyelesaikan masalah ini secara profesional, Anda perlu ingat siapa yang melakukan hal ini kepada Anda, kapan terjadi, dan seberapa sering bullying itu terjadi. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari kalau mereka sedang melakukan bullying atau diskriminasi. Untuk itu, Anda perlu segera menyampaikan masalah yang terjadi agar semua orang bisa tahu apa isi hati Anda. Sebaiknya jangan ditunda terlalu lama karena bullying tersebut bisa saja terus terjadi juga.

5. Mendapatkan penilaian buruk dari hasil kerja

Menjalankan pekerjaan sehari-hari sesuai dengan job description yang ada pastinya Anda bisa lakukan. Namun bagus tidaknya pekerjaan Anda, yang menilai adalah atasan dan pihak-pihak lainnya. Jika Anda mendapatkan penilaian buruk dari hasil kerja, maka Anda perlu melihat kembali apakah kinerja yang sudah diberikan masih ada kekurangan. Tanyakan saja kepada atasan Anda atau rekan kerja lainnya tentang apa yang perlu diperbaiki dari kinerja Anda. Saran, kritik, dan masukan dari mereka semua harus Anda dengarkan dan coba dilakukan agar bisa menghasilkan kinerja yang lebih baik lagi daripada sebelumnya.

6. Pekerjaan yang tidak sesuai dengan posisi yang dilamar

Terkadang masalah ini bisa muncul di dunia pekerjaan. Untuk bisa mendapatkan jalan keluar yang menjunjung profesionalitas, Anda bisa menyampaikan hal ini kepada atasan Anda. Dengan menyampaikan protes ini, atasan Anda bisa memberikan tugas yang lebih sesuai dengan posisi Anda. Walaupun memang tidak selalu mendapatkan hasil yang sama, Anda bisa menjadikan ini sebagai pembelajaran dan bisa segera menentukan langkah karier Anda ke depannya.

Cara-cara yang profesional di dalam melewati masalah di kantor perlu Anda lakukan dengan sungguh-sungguh. Jangan sampai Anda malah berusaha keluar dari masalah di kantor dengan cara yang buruk dan tidak profesional. Semoga artikel di atas bisa memberikan Anda informasi dan masukan di dalam profesi yang sedang Anda jalani sekarang ini.


sumber : https://cohive.space/blogs/melewati-masalah-di-kantor/

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar