Bisa Meredakan Stres, Ini 5 Manfaat Liburan untuk Kesehatan Mental
Bisa Meredakan Stres, Ini 5 Manfaat Liburan untuk Kesehatan Mental
Bisa Meredakan Stres, Ini 5 Manfaat Liburan untuk Kesehatan Mental

Liburan adalah salah satu cara ampuh untuk meredakan stres atau healing bagi sebagian orang. Apakah kamu salah satunya? Pasalnya, liburan atau jalan-jalan dan menjelajah tempat baru secukupnya memang terbukti bisa meningkatkan kesehatan mental. Menariknya lagi, kamu tidak perlu bepergian dengan banyak orang atau pergi ke tempat mewah untuk mendapatkan manfaat liburan. Kamu bisa liburan sendiri atau sekadar jalan-jalan keliling taman dan staycation di hotel terdekat untuk meredakan stres kamu.


1. Meningkatkan kreativitas
Bepergian ke tempat baru dapat meningkatkan kreativitasmu, tentu saja mengetahui banyak sudut pandang di tempat lain. Dengan liburan, kamu dapat terinspirasi dengan sesuatu di sana dan memunculkan ide-ide beragam. Paparan budaya baru, berteman dengan orang baru, serta menikmati berbagai jenis makanan dan musik sangat baik untuk kesehatan mentalmu.

2. Menenangkan pikiran
Meluangkan waktu dari pekerjaan untuk melihat tempat-tempat baru dapat melepaskan stres yang selama ini kamu tahan. Menghilangkan ketegangan dan stres dari kehidupan pekerjaanmu dapat membuat pikiran menjadi relaks. Pasalnya, berada di bawah tekanan pekerjaan tidak hanya membuat pikiran dan tubuhmu stres, tetapi juga mengganggu kesehatan fisikmu.

3. Mengurangi gejala kecemasan dan depresi
Memiliki pengalaman baru bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan kesehatan mentalmu. Liburan tak hanya berkaitan dengan pengurangan stres, melainkan juga dapat mengurangi gejala kecemasan dan depresi. Entah pergi ke negara lain atau menghabiskan waktu di kota terdekat, liburan dapat berdampak kuat pada kesehatan mental kamu.

4. Meningkatkan kekuatan mental
Jika kamu sangat stres, memori dan kemampuan menetapkan tujuan dan keputusan akan terpengaruh secara negatif. Meluangkan waktu untuk liburan dan meninggalkan pekerjaan sejenak dapat membantumu lebih produktif ketika kembali.

5. Waktu berkualitas dengan orang tercinta
Jika kamu liburan dengan keluarga, pasangan, teman, atau anak-anak, inilah yang dimaksud waktu berkualitas dengan orang tercinta. Menghabiskan waktu bersama keluarga saat liburan juga dapat meningkatkan suasana hatimu, terutama rasa bahagia. Saat kamu bahagia, kesehatan mentalmu berangsur-angsur membaik karena melihat orang tercinta menikmati liburan bersamamu. Terlebih, jika kamu memiliki pekerjaan yang mengurangi waktumu bersama mereka, liburan menjadi pilihan tepat untuk waktu berkualitasmu.

Nah, itulah setidaknya 5 manfaat liburan untuk kesehatan mental. Namun, pastikan untuk tidak berlebihan hingga mengganggu aktivitas dan keuangan kamu, ya.


https://www.kompas.com/parapuan/read/533206776/bisa-meredakan-stres-ini-5-manfaat-liburan-untuk-kesehatan-mental
https://www.canva.com

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar