Alasan Kenapa Magang Itu Penting
Alasan Kenapa Magang Itu Penting
Alasan Kenapa Magang Itu Penting

Di era modern sekarang, banyak dari mahasiswa yang kuliah sambil bekerja, baik menjadi karyawan tetap ataupun magang. Hal tersebut sangat bagus karena magang sendiri selain mendapatkan penghasilan juga akan menambah pengalaman. Jadi tidak ada salahnya untuk kuliah sambil magang. Bahkan kamu jangan pernah percaya dengan orang – orang yang bilang jika magang hanya akan menghabiskan waktu kamu dan tidak ada gunanya. Hal tersebut tentu saja salah besar, karena magang justru akan membuat waktu kamu menjadi lebih bernilai. Pada dasarnya magang itu penting, karena bisa melatih kamu untuk lebih mandiri dan mengenal dunia kerja.

Untuk saat ini ada banyak perusahaan yang menawarkan lowongan magang untuk mahasiswa, oleh karena itu kamu bisa memanfaatkannya untuk magang terlebih dulu. Kamu bisa mencari pengalaman sekaligus mencari penghasilan. Siapa tahu setelah diterima dan kamu lulus kuliah kamu akan dijadikan sebagai karyawan tetap. Lalu apa saja alasan jika magang itu penting?

Memiliki Peluang Lebih Besar Diterima Kerja


Jika kamu mencoba untuk mulai magang, biasanya akan memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk dapat diterima kerja secara full time. Biasanya sebuah perusahaan akan cenderung memilih kandidat yang sudah memiliki pengalaman yang relevan. Mereka yang sudah memiliki pengalaman magang tentu saja memiliki peluang yang lebih besar untuk bisa diterima pada pekerjaan secara full time setelah nantinya lulus kuliah. Oleh karena itu jika ada kesempatan tersebut mengapa tidak kamu ambil?

Di luaran sana banyak orang yang menganggur setelah lulus kuliah, hal tersebut karena mereka tidak memanfaatkan waktu luangnya, bukankah sangat rugi? Jika kamu ingin melamar, pastikan jika CV kamu dapat diperhitungkan oleh perusahaan dengan menambahkan satu ataupun dua pengalaman magang. Kamu juga bisa membuat sebuah CV yang menarik agar perusahaan dapat menerima kamu.

Memperbanyak Relasi

Kamu mungkin saja tidak pernah tahu siapa saja yang akan kamu temui pada saat magang. Sehingga mungkin saja kamu akan bertemu dengan seseorang yang menawarkan sebuah pekerjaan full time, kemudian orang yang akan menjadi mentor kamu atau bahkan calon co founder start up yang sukses. Pada intinya magang tersebut merupakan sebuah kesempatan awal untuk dapat menjalin relasi sebanyak – banyaknya. Siapa tahu nantinya kamu akan membutuhkan bantuan dari mereka nantinya.

Selain bertemu dengan relasi profesional, dengan mencoba magang kamu juga dapat kenal dengan beberapa orang yang sama passionnya dengan kamu. Jadi tak ada salahnya untuk menambah teman yang akan memberikan support untuk kalian.

Menguasai Kemampuan Baru

Kenapa magang penting untuk kamu? Karena pada saat magang nantinya, akan ada banyak hal yang menjadi tanggung jawabmu. Itulah kesempatan yang tepat untuk belajar sebuah keterampilan yang baru agar nantinya kamu bisa menjadi tenaga yang profesional yang terbilang jauh lebih baik dibandingkan dengan pesaing yang lain. Jadi tidak ada salahnya jika kamu belajar berbagai macam bidang. Siapa tahu nantinya jika dibutuhkan salah satu divisi, kamu dapat mengisi divisi tersebut.

Sebagai Ajang Pembuktian Diri

Magang sekitar 3 atau 6 bulan di sebuah perusahaan tentu saja bukan merupakan waktu yang lama. Jadi jika kamu melakukannya dengan senang hati dan kerja keras, tentu saja waktu akan berjalan dengan cepat. Oleh karena itu sembari kamu mempelajari berbagai hal baru, kamu bisa menggunakan kesempatan magang tersebut sebagai sebuah ajang pembuktian jika kamu merupakan salah satu mahasiswa yang patut untuk diandalkan. Jadi nantinya perusahaan tidak akan salah memilih kamu. Tujuannya sendiri tentu saja agar pada saat kamu lulus kuliah, nantinya kamu akan lebih mudah mencari jaringan untuk menuju ke dunia kerja yang sebenarnya. Karena kamu sudah mempunyai track record yang baik di perusahaan tersebut.

Demikian beberapa alasan mengapa magang itu penting untuk kamu. Pada intinya adalah akan menambah pengalaman dan relasimu. Selain itu juga akan membuat waktu kamu menjadi lebih produktif.



sumber artikel :

https://www.urbanhire.com/blog/alasan-kenapa-magang-itu-penting/

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar