Afirmasi Positif di Tempat Kerja: Apa Itu, Manfaat, Cara Menggunakannya
Afirmasi Positif di Tempat Kerja: Apa Itu, Manfaat, Cara Menggunakannya
Afirmasi Positif di Tempat Kerja: Apa Itu, Manfaat, Cara Menggunakannya

Apakah kamu pernah dihantui perasaan negatif kala bekerja? Jika pernah, maka salah satu hal yang bisa membantumu melawan perasaan negatif tersebut adalah afirmasi positif. Afirmasi positif atau positive affirmation juga dapat membantumu meningkatkan kepercayaan diri. Tidak hanya itu, mantra positif ini juga dapat membantumu dalam mengurangi hal-hal negatif dalam kehidupan dan pekerjaan.

Apa Itu Afirmasi Positif
Mengutip dari Lifehack, afirmasi positif adalah pernyataan yang menguatkan dan memberikan motivasi, semangat, serta menghilangkan rasa takut.  Menurut Snack Nation, hal ini pun berkaitan dengan mindset. Ketika mengatakan pada diri sendiri bahwa kamu bisa, maka kamu dapat melakukannya dengan baik.  Sedangkan, jika mengatakan pada dirimu bahwa kamu tidak bisa, tentu hasilnya kamu akan kesulitan untuk melakukan suatu hal. Hal tersebutlah yang disebut sebagai afirmasi negatif.

Kamu sendiri bisa menggunakan positive affirmation untuk beragam situasi di tempat kerja seperti berikut.
- meningkatkan self-esteem ketika wawancara atau bekerja
- mengontrol pikiran dan emosi negatif seperti rasa takut, frustrasi, dan tidak sabar
- mengurangi kebiasaan negatif yang menghambat perkembangan karier, seperti menunda pekerjaan atau sikap pasif-agresif
- meningkatkan kepercayaan serta kemampuan public speaking sebelum dan ketika interview, meeting, ataupun presentasi
- meningkatkan produktivitas dan keahlian dalam skill yang dimiliki
- memotivasi diri sendiri untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan jadwal
- membuat tujuan karier yang baru

Manfaat Afirmasi Positif

Mengutip dari Indeed, berikut adalah manfaat yang bisa dirasakan dari memberikan afirmasi positif untuk diri sendiri.

1. Meningkatkan skill
Memberikan positive affirmation pada diri sendiri dapat membantumu untuk meningkatkan kepercayaan diri dan otomatis pada skill yang dimiliki. Sebagai contoh, mengatakan “saya percaya diri” ke diri sendiri sebelum presentasi dapat membantumu dalam menyampaikan presentasi yang baik. Kamu juga bisa mengatakan hal serupa untuk meningkatkan kepercayaan diri sebelum melakukan interview kerja.

2. Menajamkan fokus
Afirmasi positif pun dapat membantumu mengurangi distraksi supaya bisa fokus menyelesaikan pekerjaan. Sebagai contoh, mengulangi perkataan “saya bisa menyelesaikan pekerjaan hari ini” dapat memotivasimu untuk fokus mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan hari ini dengan tepat waktu.

3. Meningkatkan skill interpersonal
Positive affirmations pun dapat meningkatkan interpersonal skill-mu dalam memberikan reaksi dan perasaan positif terhadap orang lain. Sebagai contoh, mengatakan “kesuksesan orang lain adalah kesuksesan saya juga” dapat mendorong diri untuk bekerja sama dengan rekan kerja.

4. Membantumu mengelola stres
Hal ini karena positive affirmation membantumu supaya tidak berkelut di pikiran negatif. Sebagai contoh, mengatakan “saya bisa menyelesaikan pekerjaan ini” akan mendorongmu untuk fokus terhadap pekerjaan saat ini dan menyelesaikannya. Hal ini tentu lebih baik ketimbang memikirkan hal-hal yang menyebabkan stres seperti takut tidak bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline yang ditentukan,

5. Memberikan perspektif positif
Afirmasi positif pun dapat membantumu untuk mendapatkan perspektif positif terhadap pekerjaan yang dimiliki. Sebagai contoh, mengatakan “saya beruntung memiliki pekerjaan ini” dapat mengubah cara pandangmu terhadap pekerjaan saat ini dan meningkatkan rasa syukur.

6. Meningkatkan kepuasan kerja
Selain meningkatkan produktivitas, skill yang dimiliki, dan kemampuan interpersonal, positive affirmations juga membantumu meningkatkan kepuasan kerja. Dengan mengatakan hal positif pada diri sendiri, kamu turut meningkatkan optimisme dan kebahagiaanmu dalam pekerjaan serta karier.

Cara Menggunakan Afirmasi Positif
Berikut adalah beberapa contoh momen yang pas untuk melakukan afirmasi positif pada diri sendiri, seperti mengutip dari Indeed.

1. Diulangi sebelum mulai bekerja
Mengulangi perkataan baik pada diri sendiri sebelum bekerja dapat membuat sepanjang harimu dipenuhi hal positif. Sebagai contoh, mengatakan “saya akan produktif hari ini” selama beberapa menit sebelum memulai aktivitas dapat meningkatkan motivasi agar bisa produktif bekerja.

2. Digunakan ketika meditasi
Apabila kamu senang melakukan meditasi, memberi afirmasi seperti “pikiran saya terbebas dari stres dan rasa khawatir” dapat membantumu merasa rileks dan meningkatkan fokus.

3. Digabungkan dengan tujuan yang ingin dicapai
Salah satu cara supaya afirmasi positif menjadi efektif adalah menggabungkannya dengan tujuan yang ingin dicapai. Sebagai contoh, mengulangi perkataan positif seperti “saya memiliki kepercayaan terhadap kemampuan saya melakukan presentasi di depan orang lain” dapat membantumu meningkatkan skill presentasimu.

4. Digunakan dengan berpikir positif

Pikiran positifmu pun bisa digabungkan dengan bentuk afirmasi ini. Sebagai contoh, mengatakan “saya sukses di pekerjaan saya” dapat membuatmu melihat pekerjaan yang dimiliki saat ini dalam sisi yang lebih positif dibandingkan sebelumnya.

5. Sering me-review afirmasi
Tuliskan afirmasi positif secara rutin, baik itu dalam jangka harian atau mingguan. Ketika membuat sebuah pernyataan positif, hal ini dapat mendorongmu untuk mencapai tujuan atau menyempurnakan skill yang sudah dimiliki supaya lebih sukses di pekerjaan.

6. Dipasang sebagai notification
Kamu bisa membuat afirmasimu semakin efektif dengan memasangnya pada notifications di smartphone atau laptopmu. Sehingga, ketika melihat layar smartphone atau laptop, kamu akan mendapatkan dorongan motivasi untuk bekerja dengan baik.

7. Diulang-ulang ketika mengalami pikiran negatif

Ketika kamu mulai dirundungi pikiran negatif, afirmasi positif pun mampu membantumu untuk menghilangkannya. Misal, kamu akan menyampaikan presentasi proyek di hadapan klien namun timbul pikiran negatif bahwa kamu akan gagal. Nah, memberikan dirimu positive affirmations secara berulang-ulang dapat membantumu mengatasi pikiran negatif tersebut.

Itu adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui seputar afirmasi positif di tempat kerja. Kira-kira, apa hal positif yang biasa kamu ucapkan pada dirimu sendiri?

sumber artikel :  https://glints.com/id/lowongan/afirmasi-positif/#.YmutRtNBzIU
sumber gambar :  https://www.canva.com/

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar