8 Ide Kegiatan 17 Agustus di Kantor untuk Rayakan Kemerdekaan
8 Ide Kegiatan 17 Agustus di Kantor untuk Rayakan Kemerdekaan
8 Ide Kegiatan 17 Agustus di Kantor untuk Rayakan Kemerdekaan

Sebagai pekerja dan warga negara Indonesia, kita bisa melakukan berbagai kegiatan 17 Agustus di kantor untuk merayakan hari kemerdekaan. Salah satu kegiatan yang sering diadakan adalah lomba 17 Agustus. Selain perlombaan, ternyata ada banyak kegiatan lain yang bisa kamu lakukan bersama rekan kerja di kantor, lho.

1. Mengadakan lomba 17 Agustus
Meskipun ada kegiatan lain yang bisa dilakukan, lomba 17 Agustus memang kegiatan paling khas saat perayaan kemerdekaan yang tidak boleh terlewatkan.  Selain untuk menambah kemeriahan, perlombaan ini juga bisa menjadi momen kebersamaan dengan seluruh karyawan di kantor. Identik diadakan di lapangan terbuka, ternyata ada banyak lomba 17 Agustus yang tetap bisa diadakan di kantor, lho. Tetap meriah dan antiribet!

2. Mengikuti upacara kemerdekaan
Jika kantormu memiliki fasilitas lapangan, tidak ada salahnya mengikuti upacara kemerdekaan yang diselenggarakan.  Kamu mungkin sudah sering mengikuti upacara setiap hari senin di sekolah. Namun, momen satu tahun sekali ini sangat sayang untuk dilewatkan. Bagaimana jika tidak memungkinkan untuk mengikuti upacara secara langsung? Kamu bisa menyaksikan siaran langsung upacara kemerdekaan bersama-sama di kantor. Walau hanya melalui televisi, kamu tetap bisa mengikutinya dengan khidmat.

3. Menonton film patriotisme bersama
Untuk mengenang kembali jasa pahlawan, kamu bisa mengadakan kegiatan menonton film bersama di kantor. Ada banyak sekali judul film dengan tema patriotisme yang cocok sekali dengan momen kemerdekaan, seperti film Soekarno (2013), Jenderal Soedirman (2015), Merah Putih (2009), dan masih banyak lagi. Menonton film bisa menjadi kegiatan 17 Agustus di kantor yang mudah dilakukan karena tidak memerlukan persiapan banyak.

4. Mengadakan kerja bakti di kantor
Setiap kantor pasti sudah terdapat pekerja cleaning service yang bertugas membersihkan lingkungan kantor. Namun, momen kemerdekaan biasanya juga identik dengan kegiatan gotong royong. Kamu dan seluruh karyawan lainnya bisa bekerja sama untuk membereskan meja kantor, loker, atau lemari arsip. Aktivitas ini bisa dilakukan sembari mempersiapkan kegiatan 17 Agustus di kantor selain kerja bakti, seperti lomba, menonton film, dan lain-lain.

5. Mengadakan kerja bakti di sekitar kantor
Kamu pasti pernah berinteraksi dengan orang-orang yang ada di sekitar kantor. Nah, momen kemerdekaan ini bisa dimanfaatkan untuk mempererat tali silaturahmi dan semangat gotong royong dengan mereka. Kerja bakti ini bisa dilakukan melalui berbagai macam aktivitas, seperti:
-  Memasang dekorasi kemerdekaan di lingkungan kantor
-  Membersihkan area kantor dan sekitarnya
-  Membagikan sembako kepada warga sekitar
-  Kegiatan bakti sosial lainnya
Menurut Investors in Community, mengadakan acara bakti sosial bisa membuat karyawan lebih bangga terhadap tempat kerjanya, serta meningkatkan reputasi positif bagi karyawan dan perusahaan.

6. Mengunjungi tempat bersejarah
Kegiatan yang satu ini memang tak bisa diadakan di kantor, tetapi pasti sangat seru jika dilakukan bersama para rekan kerja satu kantor.  Acara outing kantor ke tempat bersejarah seperti museum ini selain bermanfaat sebagai momen refreshing, tetapi juga dapat menambah pengetahuan kita tentang warisan leluhur.  Apalagi jika museumnya berlokasi cukup jauh dari kantor. Kegiatan ini bisa sekaligus dimanfaatkan sebagai acara gathering ke luar kota.  Dilansir dari Redwolf & Rosch, ada banyak manfaat dari gathering, salah satunya adalah meningkatkan kebahagiaan dan produktivitas karyawan.

7. Mendekorasi ruangan kantor
Supaya meriahnya perayaan kemerdekaan semakin terasa, saatnya mendekorasi ruangan kantor bersama-sama!  Kegiatan 17 Agustus di kantor ini bisa melatih kreativitas dan teamwork yang kompak antarykaryawan atau bahkan antardepartemen.  Jika memungkinkan, kegiatan dekorasi kantor juga bisa dijadikan perlombaan, lho.  Dengan begitu, semua orang pasti akan lebih termotivasi untuk berlomba-lomba membuat dekorasi yang terbaik.

8. Mengadakan lomba dress code
Jika kantormu memiliki lingkungan yang tak memungkinkan untuk mengadakan lomba 17 Agustus secara meriah, lomba dress code ini bisa jadi kegiatan pengganti yang sangat sederhana.  Tema dress code yang digunakan bisa bermacam-macam, yang penting masih selaras dengan momen kemerdekaan.  Seperti dress code merah putih, tema vintage tahun 1945, kebaya, atau pakaian tradisional lainnya. Nantinya, pemenang bisa dipilih berdasarkan voting untuk kategori dress code terbaik, terfavorit, dan kategori seru lainnya.

Bagaimana? Ternyata ada banyak, kan, inspirasi kegiatan 17 Agustus di kantor selain lomba?  Semoga artikel kali ini bisa membantumu merencakan kegiatan yang seru dan meriah di tanggal 17 Agustus mendatang, ya!

Sumber artikel : https://glints.com/id/lowongan/kegiatan-17-agustus-di-kantor/#.YvinTxxBzIU
Sumber gambar : https://www.canva.com/

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar