7 Tips Merancang Resolusi Tahun Baru agar Tak Jadi Rencana Saja
7 Tips Merancang Resolusi Tahun Baru agar Tak Jadi Rencana Saja
7 Tips Merancang Resolusi Tahun Baru agar Tak Jadi Rencana Saja

Sudahkah kamu punya resolusi untuk tahun depan? Kalau memang belum, agar tak asal membuat, kamu bisa mengikuti tips dan cara membuat resolusi tahun baru dari kami.

Resolusi ini tidak hanya mencakup pengembangan diri, lho. Kamu juga bisa memasukkan tujuan bekerja dan berkarier untuk tahun depan.

Kira-kira, apa saja tipsnya? Simak informasinya di bawah ini, ya!

1. Gunakan metode SMART
Metode SMART merupakan salah satu cara mudah menentukan tujuan. Nah, melansir New York Times, cara ini bisa kamu terapkan saat sedang membuat resolusi tahun baru, lho. Untukmu yang belum memahami SMART, ia merupakan singkatan dari:
specific, jelas, pilih “aku ingin lari pagi setiap hari” bukannya “aku ingin hidup lebih sehat”
measurable, pilih “aku ingin berat badanku 50 kilogram” alih-alih “aku ingin berat badanku naik”
achievable, jangan targetkan punya tabungan terlalu banyak jika pengeluaran penting masih tinggi
relevant, pilih yang cocok denganmu, bukannya ikut-ikutan saja
time-bound, jangan merencanakan berat badan turun 10 kilogram dalam 1 minggu, beri waktu yang sehat dan realistis

2. Mulai dari yang kecil

Memang, resolusi haruslah megah dan menggebrak kebiasaanmu selama ini. Namun, jangan sampai resolusimu terlalu besar, hingga sulit untuk dilakukan. Seperti kata APA, buatlah resolusi yang kamu tahu bisa kamu lakukan. Hindari perencanaan yang terlalu rumit dan sulit diraih, hingga kamu kesulitan mencapainya.


3. Ubah tujuan jadi langkah praktis
Misalnya, si X membuat resolusi “ingin mengurangi frekuensi media sosial”. Rencana ini tertulis di agendanya, dan selalu X ingat-ingat.
Sayang sekali, rencana ini harus gagal. Salah satu penyebabnya adalah tidak adanya langkah jelas yang nyata. Ini bisa berbeda jika X mengubah resolusinya menjadi lebih praktis. Perubahan itu misalnya “bermain media sosial maksimal satu jam sehari”. Ini jauh lebih mudah diukur dan dilakukan daripada sebelumnya. Tips dalam membuat resolusi tahun baru yang satu ini disampaikan oleh Harvard Health.


4. Belajar dari masa lalu
Katanya, pengalaman adalah salah satu guru terbaik. Pengalaman ini juga termasuk kegagalan mencapai resolusi, lho.Oleh karena itu, kamu bisa membuat resolusi tahun baru dengan cara melihat dulu resolusi tahun ini. Apakah ada yang gagal untuk dicapai? Jika memang begitu, mengapa hal itu bisa terjadi? Barangkali, kesalahanmu bisa jadi pembelajaran untuk resolusi tahun depan.


5. Masukkan hal yang kamu sukai
Kamu tentu lebih mudah tertarik dengan resolusi yang kamu sukai. Oleh karena itu, kata Inc, kamu bisa menjadikan passion-mu salah satu tujuan di tahun depan. Kalau memang passion-mu sudah kamu tekuni, coba terus kembangkan lagi. Ingat, selalu ada ruang untuk berkembang.


6. Jangan terlalu banyak
Tips membuat resolusi tahun baru selanjutnya mirip dengan poin “mulai dari yang kecil”. Saat membuat rencana, hindari menuliskannya terlalu banyak. Jaga jumlahnya agar kamu tak merasa terintimidasi, atau bahkan malas karena terlalu muluk-muluk. Ingat, kamu tak bisa mengubah kebiasaan dalam semalam saja. Semua itu butuh proses. Jadi, jangan memberatkan dirimu dengan tuntutan yang terlalu banyak, ya!


7. Jangan lupakan resolusi karier
Tahun baru bukan cuma ajang pengembangan diri yang baru, lho. Ini juga bisa jadi waktu yang tepat untuk mengembangkan karier. Pilihannya sendiri bisa bermacam-macam, lho. Tak terbatas soal jabatan bahkan nominal gaji saja. Mengutip The Muse, kamu bisa belajar skill baru yang berbeda dengan karier sekarang, membaca buku yang bisa mendukung kariermu, dan lain-lain.

Itulah sederet cara dan tips membuat resolusi saat tahun baru. Jangan tunda-tunda lagi, mulai rencanakan resolusimu sekarang, ya!


sumber artiketl : https://glints.com/id/lowongan/cara-membuat-resolusi-tahun-baru/#.YZ9CoLoxXIU
sumber foto : https://www.freepik.com/free-vector/clean-new-year-calendar-template_11574210.htm#page=1&query=calender%202021&position=3&from_view=search


Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar