6 Cara berpikir positif di tempat kerja yang penuh tekanan
6 Cara berpikir positif di tempat kerja yang penuh tekanan
6 Cara berpikir positif di tempat kerja yang penuh tekanan

Mungkin sebagian besar kita pada awalnya benar-benar mencintai pekerjaan kita. Namun, seiring berjalannya waktu, perasaan tersebut memudar dan menyisakan perasaan tertekan akibat tempat kerja yang penuh tekanan. Satu-satunya cara untuk mempertahankan pekerjaan yang kita cintai itu adalah dengan cara berpikir positif.

Meski awalnya kamu sangat mencintai pekerjaanmu, perasaan tertekan bisa mengubahnya menjadi rasa benci yang mengarah pada sikap enggan bekerja dan merasa terpaksa pergi ke kantor. Padahal, hal ini merupakan sikap yang tidak sehat dan harus dihindari.

Kamu dapat mencoba cara berpikir positif di tempat kerja yang penuh tekanan seperti di bawah ini untuk menghindari perilaku tidak sehat tadi. Kamu juga bisa menggunakan cara berpikir positif sebagai cara untuk mempertahankan pekerjaanmu. Jadi, mari simak cara selengkapnya di sini, yuk!

1. Kembangkan kecerdasan emosional milikmu

Kecerdasan emosional merupakan sebuah hal yang dapat kamu kembangkan sendiri dan bukan merupakan hal yang sudah pasti. Kamu selalu dapat berusaha untuk memperbaikinya.
Cara mudah untuk memulainya adalah dengan mengetahui jenis-jenis emosi apa saja yang biasanya memotivasi dan mengarahkanmu.
Perlu disadari bahwa manusia bukanlah makhluk yang mengandalkan rasionalitas 100 persen, kita juga terbiasa untuk mengandalkan kemampuan emosional dalam melengkapi dan menyeimbanginya.
Orang-orang sukses rata-rata tahu cara mengendalikan emosi mereka. Mereka dapat dengan baik mengatur emosinya untuk selalu terkendali dan bukannya menjadi hal yang mengendalikan mereka.
Dengan belajar mengendalikan emosi, kamu jadi akan lebih mudah berpikir jernih dan tidak akan mudah tertekan dengan kondisi tempat bekerja meski seburuk apapun.

2. Jangan pernah berhenti mempelajari skill baru

Jika kamu membenci pekerjaanmu yang sekarang, mengapa tidak mencoba belajar hal lain yang bisa berguna untuk kariermu di masa depan?
Mengembangkan skill dan ilmu baru dapat menanamkan energimu pada lahan yang tepat dan tidak membuang-buangnya dengan percuma.
Rasa bosan dan ketidakpuasan juga dapat tertangani dengan baik apabila kamu terus belajar hal baru.
Mempelajari dan mendalami hal baru akan membantumu tetap update dan menjagamu tetap tajam. Jadi, jangan pernah berhenti mempelajari hal baru, ya!

3. Selalu buat goals yang perlu dicapai secara terus-menerus

Orang yang selalu belajar untuk berpikir positif dalam segala tekanan akan terus merasa perlu mencapai sesuatu setiap harinya. Mereka menggunakan goals untuk menandai setiap progres, menjaga motivasi, dan menjaga target.
Perencanaan goals adalah sebuah cara untuk menjalani hidup. Ketika kamu berhasil mencapai salah satunya, janganlah mudah puas dan segeralah buat target goals baru untuk dicapai.
Hal ini akan memberikanmu motivasi lebih tiap harinya dan membuat hari-harimu lebih berwarna.

4. Memberikan hadiah pada diri sendiri

Cara berpikir positif lainnya yang bisa kamu praktekkan adalah dengan me-reward diri sendiri atau memberikan hadiah kepada diri sendiri bila sudah bisa mencapai goals yang diinginkan.
Bentuknya bisa bermacam-macam seperti melakukan treatment di salon selama seharian penuh atau mungkin dengan melakukan travelling ke suatu kota.
Dengan mempraktekkan ini secara rutin di setiap pencapaian yang berhasil kamu raih, ini bisa mendatangkan pola pemikiran positif dan membuat kamu lebih mencintai diri sendiri.

5. Hidup dengan seimbang

Kehidupanmu sepenuhnya tidak hanya diisi dengan pekerjaan semata. Tetapi kamu juga harus bisa menyempatkan waktu untuk keluarga dan orang-orang yang kamu cintai.
Bila kamu bisa menjaga hubungan ini berjalan dengan baik dan teratur, maka kamu bisa menciptakan pola pikir positif. Oleh karena itu, inilah pentingnya hidup seimbang antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

6. Selalu ingat untuk bersyukur

Meski kamu membenci pekerjaanmu saat ini, kamu tetap harus merasa bersyukur memiliki pekerjaan. Rasa bersyukur terhadap hal-hal yang kamu miliki dalam hidupmu akan membantumu mengurangi emosi negatif dan meningkatkan kesehatan mental atau psikologismu.
Kamu juga perlu ingat, tidak semua orang bisa seberuntung kamu memiliki pekerjaan. Masih banyak orang yang menganggur dan berharap bisa memiliki posisimu sekarang.
Dengan mengingat hal ini biasanya motivasimu bisa bertambah sedikit demi sedikit dan membantumu melewati hari dengan pekerjaan yang kamu benci.

Ketika merasa tertekan bekerja di tempat bekerja yang penuh tekanan, beberapa cara berpikir positif di atas dapat membantumu mengatasinya. Setidaknya, jika kamu belum bisa meninggalkan atau resign dari pekerjaanmu sekarang, kamu bisa bertahan bekerja setiap harinya dengan beberapa cara di atas. Semoga bermanfaat dan membuat rasa tertekanmu terhadap pekerjaan menjadi berkurang, ya!



sumber artikel : https://www.ekrut.com/media/cara-berpikir-positif

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar