5 Tips Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Saat Bekerja, yuk Cobain!
5 Tips Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Saat Bekerja, yuk Cobain!
5 Tips Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Saat Bekerja, yuk Cobain!

Tetap fokus untuk mengerjakan pekerjaan bisa menjadi hal yang sulit, apalagi ketika  Work From Home  (WFH) seperti sekarang ini.
Banyak tantangan yang harus dihadapi, mulai dari distraksi dari luar seperti notifikasi sosial media atau distraksi dari dalam diri seperti kecemasan dan kurang bersemangat.


Apakah anda merasakan sulit fokus ketika WFH?


Jika iya, berarti anda tidak sendiri dalam menghadapi tantangan WFH saat ini.

Biar lebih fokus dan konsentrasi ketika WFH, simak yuk tips berikut yang kami rangkum dari Verywellmind.

1. Mengabaikan distraksi
Distraksi bisa datang dari notifikasi sosial media, kondisi rumah yang mungkin tidak mendukung, atau gangguan dari dalam diri yang bentuknya kecemasan, takut, dan kurang termotivasi. Cara untuk mengatasi distraksi tersebut adalah dengan mengabaikannya. Matikan notifikasi sosial media dan email ketika sedang bekerja. Bisa juga dengan meminta waktu sendiri untuk bekerja dalam waktu tertentu pada anggota keluarga di rumah.

2. Batasi fokusmu
Multitasking terlihat bagus untuk menyelesaikan banyak hal secara cepat, namun multitasking malah buruk bagi diri. Melakukan banyak hal dalam satu waktu dapat merusak produktivitas dan membuat susah untuk fokus pada detail pekerjaan yang sebenarnya bisa  sangat penting. Untuk meningkatkan fokus, penting untuk mengelola energi yang dimiliki. Batasi fokusmu dengan menghindari multitasking.

3. Fokus pada saat ini
Terkadang, tantangan untuk fokus yakni pikiran kita membayangkan masa lalu, cemas tentang masa depan, atau tidak menikmati waktu saat ini. Mungkin anda sering mendengar mengenai being present atau hadir di saat ini. Sebenarnya itu adalah tentang mengabaikan segala distraksi baik dari luar diri maupun dari dalam diri kita dan fokus dengan momen yang saat ini kita hadapi.

4. Berlatih mindfulness
Mindfulness (kesadaran penuh) menjadi trending topic saat ini. Mindfulness merupakan keadaan pikiran yang berfokus pada apa yang dipikirkan, dirasakan, dan kejadian saat ini. Berlatih mindfulness dapat dilakukan dengan melakukan mediasi, atau bisa juga dengan mencoba metode menarik nafas dalam-dalam.

5. Mengambil jeda
Apakah anda pernah mencoba fokus pada hal yang sama dalam waktu yang cukup lama? Setelah beberapa saat, fokus kamu mulai berantakan dan menjadi makin sulit untuk mencurahkan energi mengerjakan tugas tersebut. Jika hal itu terjadi, cobalah untuk mengambil jeda sejenak dari tugas yang sedang anda kerjakan. Cobalah untuk sejenak mengambil makanan di dapur, menyiram tanaman, atau mendengarkan musik favorit. Mengambil jeda sebentar dalam mengerjakan suatu tugas dapat membantu anda untuk kembali fokus setelahnya.


sumber artikel :  https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/09/133800876/5-cara-meningkatkan-kenyamanan-dan-produktivitas-saat-wfh-?page=all, penulis : Esra Dopita Maret

sumber gambar :  https://www.orami.co.id/magazine/cara-meningkatkan-konsentrasi-dan-fokus/

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar