5 Cara Efektif Menyampaikan Ide ke Atasan
5 Cara Efektif Menyampaikan Ide ke Atasan
5 Cara Efektif Menyampaikan Ide ke Atasan

Setiap karyawan mempunyai hak menyampaikan ide / gagasan untuk kemajuan perusahaan. Tapi seringkali perbedaan jabatan jadi alasan nggak berani, Alhasil ide-idemu cuma dipendam sendiri.

1. Buat ide secara ringkas

Seringkali ide datang di saat yang tidak terduga. Supaya nggak lupa, sebaiknya kamu catat dan rincikan ide kamu sebelum disampaikan ke atasan.  Buat ringkasan idemu agar lebih mudah diterima. Atau kamu bisa membuatnya dalam bentuk poin-poin. Hal ini juga bisa mengasah kemampuan menulismu lho.

 2. Sampaikan dengan gaya bahasamu
Setelah meringkas ide, sampaikan dengan gaya bahasa kamu sendiri. Kesalahan kita terkadang memakai kalimat yang baku dan formal, yang malah bikin kita kebingungan.  Kalau kamu pakai gaya bahasa sendiri dijamin kamu lebih santai, dan maksudmu bisa tersampaikan. Ingat, etika harus diutamakan ya

3. Fokus pada tujuan dan alasan
Setiap gagasan pasti punya alasan kan? Nah, sampaikan alasan kamu terlebih dulu. Berikan alasan yang logis, agar ide kamu bisa dipertimbangkan. Tekankan value propotition atau nilai keuntungan dari ide kamu, apa hasil yang didapat bagi perusahaan.
 
4. Jelaskan rencana dan strategi kamu
Ide yang baik juga harus disertai dengan jalan keluar. Setelah menyampaikan gagasan, jangan lupa jelaskan juga strategi yang kamu punya. Tawarkan diri kamu untuk menjalankannya.


5. Terbuka pada masukan, dan tetap rendah hati
Setelah kamu berhasil menyampaikan ide, jangan beranggapan kalau idemu adalah yang terbaik. Karena sebaik-baiknya ide adalah yang disepakati banyak orang. Tidak merugikan dan menguntungkan beberapa pihak saja. Kamu juga harus membuka diri menerima masukan dan saran dari rekan kerjamu yang lain.


sumber artikel :  https://www.nucareer.id/article/detail/5-cara-efektif-menyampaikan-ide-ke-atasan

sumber foto :  https://www.freepik.com/free-photo/man-showing-light-bulb-icon_3278286.htm#page=1&query=ide&position=10&from_view=search

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar