5 Alasan untuk Tak Sembarangan Charging HP, Hati-Hati!
5 Alasan untuk Tak Sembarangan Charging HP, Hati-Hati!
5 Alasan untuk Tak Sembarangan Charging HP, Hati-Hati!

Bagi kamu yang aktif menggunakan HP biasanya memiliki frekuensi tersendiri dalam melakukan charging. Ada yang mungkin melakukan charging berkali-kali, hingga ada yang membutuhkan durasi lama.

Sebetulnya proses charging ini perlu diperhatikan dengan cermat, sebab dapat menimbulkan masalah pada HP khususnya bagian baterai. Meski demikian, kamu perlu tahu beberapa alasan berikut ini agar tak sembarangan dalam melakukan proses charging.

1. Menggunakan charger yang tidak orisinal
Kualitas charger yang digunakan ternyata dapat membawa pengaruh besar pada HP. Tentu saja akan sangat disarankan untukmu dalam menggunakan charger orisinal yang terjaga kualitasnya.
Sayangnya tak sedikit orang yang justru menggunakan charger KW yang kemudian berdampak buruk pada HP. Hal ini jelas akan berdampak pada lonjakan listrik pada saat melakukan proses charging.

2. Charging HP hingga 100 persen
Mungkin banyak yang salah kaprah mengenai kapan waktu terbaik mencabut HP saat proses charging. Sebetulnya kamu disarankan untuk mencabut HP sebelum menyentuh 100 persen, serta mulai melakukan charging sebelum 20 persen.
Hal ini ternyata penting untuk memastikan kondisi dan usia baterai tetap terjaga. Oleh sebab itu, jangan sampai abai dalam memperhatikan hal ini, sebab banyak pengguna HP yang juga belum mengetahuinya.

3. Asyik menggunakan HP sambil charging
Menggunakan HP sambil charging mungkin menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Apalagi untuk mereka yang sangat sulit melepaskan diri dari HP, baik untuk bersosial media atau pun bekerja.
Sayangnya terlalu asyik menggunakan HP sambil mengisi daya juga tidak baik. Hal ini akan memberatkan HP, sebab harus terus bekerja sambil mengisi daya. Oleh sebab itu, sebaiknya bersabarlah menunggu hingga baterai pada HP terisi dengan cukup.

4. Melakukan charging saat HP masih panas
Kamu pasti pernah mengalami kondisi saat HP terasa panas saat digunakan. Biasanya hal ini terjadi saat kamu terlalu menggunakan HP untuk menonton film, bermain games, atau aktivitas lainnya dalam waktu lama.
Sebaiknya biarkan suhu panas tersebut hilang terlebih dahulu sebelum melakukan pengisian daya. Jika dipaksakan, maka khawatir akan membuat kapasitas baterai HP jadi berkurang dan menimbulkan bahaya.

5. Gemar mencabut HP saat charging
Durasi pengisian HP memang berbeda-beda, namun hal ini kerap kali menjadi masalah apabila penggunanya tak sabar. Tak jarang ada banyak pengguna yang gemar mencabut HP dan mencolokkannya kembali saat charging.
Padahal pengguna HP sebaiknya sabar dalam melakukan pengisian daya, sehingga tak mudah mencabutnya sembarangan. Jika terus seperti ini, maka akan merusak kualitas baterai pada HP tersebut.
Berbagai hal di atas perlu menjadi catatan untukmu agar dapat melakukan proses charging dengan lebih hati-hati. Dengan demikian, maka tak akan ada masalah dalam melakukan pengisian daya pada HP. Perhatikan dengan cermat, ya!

Sumber artikel : https://www.idntimes.com/tech/gadget/finley-shin/tak-sembarangan-charging-hp-c1c2?page=all
Sumber gambar : Steve Johnson on Unsplash

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar