4 Fakta Cappadocia, Tempat Wisata Idaman Kinan di Layangan Putus
4 Fakta Cappadocia, Tempat Wisata Idaman Kinan di Layangan Putus
4 Fakta Cappadocia, Tempat Wisata Idaman Kinan di Layangan Putus

Cappadocia menjadi salah satu tempat wisata idaman Kinan (Putri Marino) di serial Layangan Putus . Kota ini tengah menjadi perbincangan hangat sejak kemunculannya di serial tersebut. Cappadocia sendiri terkenal karena keindahannya dan sebagai salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi wisatawan saat berlibur di Turki . Berikut beberapa fakta mengenai Cappadocia dirangkum dari berbagai sumber.

1. Permukiman Kuno
Cappadocia merupakan pemukinan kuno yang terletak di timur tengah Anatolia, dataran tinggi terjal di bagian utara Pegunungan Taurus, Turki. Nama Cappadocia berasal dari kata Persia, Katpaktukya, yang berarti tanah kuda yang indah karena pada zaman kuno wilayah ini dikenal dengan persembahan kudanya. Hingga kini, kuda masih memegang peran penting bagi penduduk setempat dan moda transportasi alternatif bagi wisatawan yang berkunjung.

Wilayah Cappadocia membentang sejauh 150 kilometer dari Kayseri barat hingga Aksaray. Dataran Cappadocia mencakup hamparan batuan vulkanik lunak yang dibentuk lewat proses erosi menjadi menara, kerucut, lembah, dan gua. Semua hal inilah yang kemudian menjadi daya tarik utama kawasan ini.

2. Kota Bawah Tanah
Terdapat beberapa kota bawah tanah di Cappadocia yang saling berhubungan lewat terowongan. Keberadaan kota bawah tanah ini didukung oleh batuan lunak di Cappadocia, sehingga memudahkan proses memahat bebatuan untuk dijadikan permukiman warga. Beberapa kota ini membuka akses bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi dan pengalaman menjelajah kota bawah tanah.

3. Taman Nasional Goreme
Di Cappadocia terdapat sebuah taman nasional yang ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada 1985. Diberi nama Taman Nasional Goreme, pengunjung dapat menikmati pemandangan gereja yang terbuat dari batu. Lanskap yang secara alami terbentuk ini tersebar di area seluas lebih dari 9.146 hektare.

4. Balon Udara
Pengalaman berlibur ke Cappadocia tidak lengkap jika tidak menikmati sensasi naik balon udara. Pengalaman naik balon udara di kota ini hanya bisa dinikmati pada musim panas. Sebelum berkelana dengan balon udara, wisatawan harus melakukan reservasi secara online atau melalui hotel akomodasi. Pasalnya, penerbangan balon ini mengandalkan angin dan cuaca yang baik, pengalaman ini hanya dapat dinikmati di pagi hari, sebelum angin bertiup kencang. Ada tiga jenis layanan balon udara yang dapat dinikmati dan jumlah penumpang yang naik pun bervariasi, sesuai dengan tipe penerbangannya. Di mana ada yang berisi 28 orang, 20 orang, hingga hanya 12 orang. Harga yang dibanderol untuk tiap tipe juga berbeda, mulai dari 150 euro hingga 300 euro atau Rp2,5 juta sampai Rp4,8 juta. Selama 1,5 hingga 2 jam terbang dengan balon udara, wisatawan dapat menikmati keindahan formasi bebatuan yang dikenal dengan sebutan fairy chimneys.


sumber foto : https://lifestyle.sindonews.com/read/647359/156/4-fakta-cappadocia-tempat-wisata-idaman-kinan-di-layangan-putus-1641279712

sumber foto :  https://www.canva.com/

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar