14 Fakta Menarik Piala Dunia 2022 di Qatar, Salah Satunya Termahal dalam Sejarah
14 Fakta Menarik Piala Dunia 2022 di Qatar, Salah Satunya Termahal dalam Sejarah
14 Fakta Menarik Piala Dunia 2022 di Qatar, Salah Satunya Termahal dalam Sejarah

1. Piala Dunia Pertama di Negara Arab
Buku rekor melihat perubahan segera setelah Qatar memenangkan proses penawaran untuk hak hosting. Qatar akan menjadi negara pertama dengan mayoritas muslim yang menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA.

2. Qatar  menjadi Negara Asia Kedua yang Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia FIFA
Sepak bola dikenal sebagai permainan yang didominasi oleh negara-negara Eropa dan Amerika Selatan. Mereka memiliki infrastruktur yang sangat besar untuk menjadi tuan rumah turnamen akbar yang biasanya disukai FIFA.  Akan tetapi, kali ini Piala Dunia berlangsung di Asia! Ini bukan pertama kalinya piala dunia diselenggarakan oleh negara Asia. Pada tahun 2002, Jepang dan Korea Selatan bersama-sama menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA. Qatar menjadi negara Asia kedua yang menjadi tuan rumah acara bergengsi ini.

3. Piala Dunia pertama yang diadakan di musim dingin
Ada begitu banyak kebingungan di antara para penggemar selama awal tahun 2022. Piala Dunia FIFA telah mengalokasikan slot dari Mei hingga Juli ketika sebagian besar Piala Dunia FIFA dijadwalkan di masa lalu. Namun kali ini, Piala Dunia FIFA akan digelar pada bulan November dan Desember. Iklim pada saat-saat ini sejuk dan sangat bagus bagi para pemain dan penonton untuk menikmati pertandingan piala dunia dengan nyaman. Jadi piala dunia Qatar  menjadi Piala Dunia FIFA pertama yang diadakan di musim dingin.

4. Negara Tuan Rumah Pertama yang Belum Pernah Bermain di Piala Dunia sebelumnya
Melihat maraknya popularitas sepak bola di tanah air, Qatar mendirikan asosiasi sepak bola pada tahun 1960 dan juga menjadi anggota FIFA pada tahun 1963. Sejak saat itu, Qatar berusaha lolos ke Piala Dunia FIFA. Qatar cukup dekat pada tahun 1990 ketika mereka mencapai final babak kualifikasi AFC, namun akhirnya gagal! Jadi Qatar menjadi negara tuan rumah pertama yang belum pernah bermain di piala dunia sebelumnya. Sebagai negara tuan rumah, Qatar otomatis lolos ke Piala Dunia FIFA 2022.

5. Negara Terkecil yang Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia FIFA
Rekor telah ditetapkan sejak Qatar memenangkan hak tuan rumah. Qatar akan menjadi negara terkecil yang menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA dengan luas wilayah hanya 11.000 kilometer persegi. Rekor sebelumnya dipegang Uruguay yang menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun 1930.

6. Piala Dunia Termahal
Salah satu fakta Piala Dunia FIFA 2022 yang paling banyak dibicarakan adalah bahwa Qatar menjadi tuan rumah piala dunia termahal yang pernah ada. Qatar kekurangan infrastruktur dan fasilitas sehingga harus membangun banyak hal dari awal. Diperkirakan infrastruktur yang meliputi stadion , hotel, jalan telah menelan biaya Qatar lebih dari 220 miliar dolar AS.

7. Jumlah Stadion Paling Sedikit untuk Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia FIFA

Piala dunia Qatar  mencetak rekor untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA dengan jumlah stadion paling sedikit. Qatar telah menyelesaikan delapan stadion yang akan menjadi tuan rumah 64 pertandingan Piala Dunia FIFA. Dari delapan stadion ini, tujuh dibangun dari nol sementara satu direnovasi untuk memenuhi kebutuhan piala dunia.

8. Piala Dunia Paling Kompak yang Pernah Ada

Semua delapan stadion di Qatar berada dalam radius 60 kilometer menjadikannya piala dunia paling kompak yang pernah ada. Para penggemar dapat menjangkau dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu kurang dari 90 menit. Ini akan menjadikannya piala dunia paling kompak yang pernah ada.

9. Piala Dunia Terpendek yang Pernah Ada

Piala dunia memiliki slotnya sendiri pada bulan Juni-Juli ketika sepak bola klub berakhir dan istirahat. Sekarang, karena Piala Dunia FIFA pada November-Desember, tidak hanya jadwal piala dunia tetapi juga jadwal sepak bola klub harus diperketat untuk mengakomodasi piala dunia. Piala Dunia 2022 di Qatar berlangsung hanya 28 hari dengan 64 pertandingan menjadikannya Piala Dunia terpendek yang pernah ada dalam sejarah.

10. Catat Jumlah Pengunjung
Piala Dunia 2022 akan melihat rekor jumlah pengunjung pada saat pertandingan berakhir. Diperkirakan lebih dari 1,5 juta penonton dari seluruh dunia akan memasuki Qatar selama Piala Dunia 2022. Letak geografis Qatar sangat mudah diakses oleh banyak negara. Apalagi mendapatkan visa juga mudah dibandingkan dengan yang lain. Tiket penerbangan murah sangat menarik.

11. Stadion di Qatar dilengkapi dengan AC Terpusat

Poin yang paling banyak dibicarakan dari Piala Dunia 2022 Qatar adalah suhunya yang tinggi pada siang hari. Untuk mengatasi itu, Qatar telah melengkapi stadionnya dengan AC yang sepenuhnya terpusat. Ini akan memberi penonton pengalaman yang luar biasa dan juga akan memberi pemain kondisi bermain yang baik.

12. Piala Dunia diharapkan dapat menjembatani kesenjangan budaya antara Eropa dan Timur Tengah
Qatar diharapkan menjadi tuan rumah mayoritas penggemar Eropa karena ada 13 tim Eropa yang berpartisipasi di piala dunia. Piala dunia diharapkan dapat menjembatani kesenjangan budaya antara Timur Tengah dan Eropa.  Dampak Piala Dunia diperkirakan akan terlihat setelah kompetisi ini berakhir. Baik FIFA dan Qatar mengharapkan hasil positif dari turnamen tersebut.

13. Piala Dunia Pertama Tanpa Ratu Elizabeth II
Elizabeth II lahir pada tahun 1926 dan Piala Dunia FIFA dimulai pada tahun 1930. Sang ratu memiliki hubungan dekat dengan Piala Dunia FIFA karena dia hadir sebagai penonton selama banyak edisi. Piala Dunia 2022 di Qatar tanpa Ratu Elizabeth II.

14. Piala Dunia Kontroversial

Seperti rekor yang dipecahkan dalam hal yang baik, buku rekor juga mencatat perbuatan buruk.  Piala Dunia 2022 dikatakan sebagai Piala Dunia paling memalukan yang pernah ada.  Dari mendapatkan hak Piala Dunia hingga menjadikannya Piala Dunia termahal yang pernah ada, namun topik ini masih diperdebatkan.

sumber artikel : https://depok.pikiran-rakyat.com/olahraga/pr-095868657/14-fakta-menarik-piala-dunia-2022-di-qatar-salah-satunya-termahal-dalam-sejarah?page=6
sumber gambar : https://www.suara.com/bola/2019/09/04/115219/fakta-seputar-logo-baru-piala-dunia-2022-qatar

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar