Selamat! Indonesia Masuk Daftar Negara Masakan Terbaik di Dunia Versi TasteAtlas
Selamat! Indonesia Masuk Daftar Negara Masakan Terbaik di Dunia Versi TasteAtlas
Selamat! Indonesia Masuk Daftar Negara Masakan Terbaik di Dunia Versi TasteAtlas

Masakan Indonesia terkenal akan keberagaman, kekayaan rempah, dan cita rasa yang begitu lezat. Tak heran, berbagai kuliner Indonesia kerap kali dinobatkan atau masuk dalam daftar masakan terbaik di dunia. Kali ini, Indonesia pun kembali berhasil merebut panggung dunia dengan masuk dalam daftar negara yang memiliki masakan terbaik di dunia secara keseluruhan, versi TasteAtlas. Adapun, TasteAtlas adalah sebuah situs yang kerap memberikan ulasan mengenai berbagai makanan di setiap penjuru dunia.
Mengutip laman resmi TasteAtlas, situs tersebut baru-baru ini merilis tiga kategori dalam rangka “TasteAtlas Awards 2022”. Lebih lanjut, tiga kategori tersebut meliputi, restoran lokal terbaik di dunia, hidangan terbaik di dunia, dan negara dengan masakan terbaik di dunia.

Dalam kategori “World’s Best Cuisines”, situs ini merilis 95 negara yang berhak menyandang predikat sebagai negara dengan masakan terbaik di dunia. Adapun, dari sekian banyak daftar tersebut terpampang nama dan bendera Indonesia di urutan ke-16. Indonesia memiliki rating total 4,37 yang sama dengan negara Jerman di posisi ke-15. Penilaian dalam menentukan negara dengan masakan terbaik di seluruh dunia ini didasarkan pada voting, dengan memperhatikan tiga hal; yaitu bahan masakan, hidangan, dan minuman dari negara tersebut.

Lebih lanjut, dalam situs tersebut juga mencantumkan makanan dan restoran terbaik dari setiap negara. Misalnya, disebutkan makanan Indonesia yang terkenal seperti ayam goreng dan nasi padang. Sedangkan untuk rekomendasi restorannya ada Warung Mak Beng, 1945 Restaurant, dan lain sebagainya.

Di sisi lain, posisi pertama dalam daftar yang dirilis oleh TasteAtlas ditempati oleh negara Italia, dengan rating total 4,72. Kemudian, disusul oleh Yunani dengan rating total 4,68 dan posisi ketiga oleh Spanyol dengan rating total 4,59.

Meskipun Indonesia tidak masuk ke dalam tiga atau bahkan 10 besar sebagai negara dengan masakan terbaik di dunia. Akan tetapi, perlu dicatat juga bahwa jika dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara, maka Indonesia menempati peringkat pertama sebagai negara dengan masakan terbaik.

Hal ini dikarenakan, posisi dari negara-negara di Asia Tenggara lainnya berada di bawah Indonesia, yang bertengger di urutan ke-16 dari 95 negara. Sebut saja Vietnam yang hanya berada di posisi ke-20, Filipina ke-23, Thailand ke-30, dan seterusnya.

Nah, oleh karena itu, kamu patut berbangga bahwa lagi dan lagi masakan Indonesia berhasil diakui oleh dunia. Tentu, kamu pun bisa berharap bahwa dalam daftar yang akan dirilis selanjutnya, semoga masakan Ibu Pertiwi bisa masuk ke dalam tiga besar dunia, ya. Namun, untuk sekarang mari ucapkan terlebih dahulu, “selamat masakan Indonesia!”.

Sumber artikel : https://kumparan.com/kumparanfood/selamat-indonesia-masuk-daftar-negara-masakan-terbaik-di-dunia-versi-tasteatlas-1zWisvR6B9f/full
Sumber gambar :  https://www.canva.com/

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar