Anak Baru? Ini Dia Cara Adaptasi di Tempat Kerja Baru
Anak Baru? Ini Dia Cara Adaptasi di Tempat Kerja Baru
Anak Baru? Ini Dia Cara Adaptasi di Tempat Kerja Baru

Mendapatkan pekerjaan di tempat baru tentu adalah sesuatu yang menyenangkan. Berkenalan dengan suasana baru, rekan-rekan kerja baru, serta bersiap menerima tantangan berupa pekerjaan baru menjadi hal yang dinanti. Tapi, ada satu hal yang tak boleh luput dan harus dilakukan, yaitu adaptasi.

Ya, adaptasi menjadi penting karena saat mendapatkan pekerjaan baru, kita dihadapkan pada segala sesuatu yang bersifat baru. Itu juga menjadi proses bagaimana kita menyatukan diri dengan lingkungan kerja yang baru. Saat proses adaptasi sukses, maka kita bisa menjalani pekerjaan di tempat baru ini dengan riang gembira.

Hal sebaliknya justru bisa terjadi saat proses adaptasi itu gagal dilakukan. Semua terasa serba tidak nyaman, serta pekerjaan pun akan sulit dilakukan karena proses adaptasi kita dengan pekerjaan baru berjalan tidak lancar. Terdengar sedikit menakutkan, ya?

Tapi jangan khawatir. Berikut adalah tips-tips yang bisa Anda lakukan agar proses adaptasi di tempat kerja baru kamu menjadi sesuatu yang penuh warna dan, tentu saja, berakhir dengan ceria.

Tunjukkan jika Sosokmu Menyenangkan

Sebelum memulai pekerjaan di tempat baru, biasanya kamu dipersilakan untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu kepada rekan-rekan kerja yang baru. Ini jadi proses adaptasi pertamamu. Tunjukkanlah bahwa kamu adalah sosok yang menyenangkan. Tunjukkan juga bahwa kamu adalah sosok yang mau belajar dan bisa diajak kerja sama.

Selama masa pengenalan tersebut, gunakanlah kesempatan ini untuk belajar secara menyenangkan. Ini akan menjadi proses adaptasi awal kamu menghadapi lingkungan kerja yang baru, sekaligus membuat pandangan pertama orang terhadap
kamu menjadi positif.

Jangan Sombong dan Bukalah Dirimu.

Saat bekerja di tempat baru,
kamu mungkin akan dihadapkan kepada hal-hal yang juga baru. Jangan sombong, dan bukalah dirimu terhadap hal-hal baru tersebut. Ini akan menjadi cara kamu melakukan adaptasi terhadap lingkungan kerja barumu. Proses ini, jika dilakukan dengan benar, akan terasa menyenangkan.

Dengan mau membuka diri dan mau belajar terhadap hal-hal baru yang ada di tempat kerja baru
kamu, itu akan menjadi sebuah proses adaptasi yang memiliki banyak manfaat. Selain mendapatkan pengetahuan baru, kamu juga bisa beradaptasi  terhadap budaya di tempat kerja barumu.

Tidak cuma itu,
kamu juga bisa melakukan adaptasi terhadap rekan-rekan kerjamu. Ketika kamu tidak sombong, maka orang lain pun akan mau mendekatimu dan tidak segan berbagi denganmu. Proses adaptasi yang baik, bukan?

Tunjukkan Kualitas Dirimu

Salah satu proses adaptasi lain yang bisa
kamu tunjukkan adalah dengan menunjukkan kualitas dirimu. Membuka diri pada hal-hal yang ada di kantor baru memang penting, tapi, kamu juga perlu menunjukkan kemampuan apa yang kamu miliki sehingga mudah dikenali rekan kerja barumu.

Dengan menunjukkan kualitas diri, selain menancapkan jati dirimu di tempat kerja,
kamu juga melakukan adaptasi dengan rekan dan bos baru kamu di kantor. Rekan dan bos akan lebih mengenalmu, dan jika kamu sukses menunjukkan kualitas diri, maka kamu juga bisa dianggap sukses melakukan adaptasi dengan kantor barumu.

Jauhkan Diri dari Hal Negatif

Terkadang, hal-hal negatif acap muncul di tempat kerja baru yang
kamu tempati. Hal ini secara tidak langsung dapat memengaruhi performa kerjamu. Untuk menyiasatinya, sekaligus menjadi bagian dari proses adaptasi, maka kamu bisa menjauhkan diri dari hal negatif tersebut.

Cara melakukan adaptasi terhadap hal negatif ini ada banyak. Selain menunjukkan bahwa
kamu adalah pribadi yang menyenangkan, kamu juga bisa menjauhkan diri berbagai kebiasaan buruk, seperti menggosip atau menggunjingkan orang lain. Adaptasi memang kadang tidak hanya pada hal yang positif, kamu juga perlu melakukan adaptasi yang tepat kepada hal-hal negatif seperti ini.

Buat Dirimu Senyaman Mungkin

Mendatangi tempat baru, mungkin saja
kamu akan menemukan tempat yang tidak sesuai dengan harapan awal. Namun, hindari untuk mengajukan komplain atas kondisi yang kamu temukan di sana, sebab ini akan membuat kamu terlihat tidak profesional. Ini juga menjadi proses adaptasimu di tempat kerja baru.

Selain itu, jangan biarkan tempat kerjamu berantakan dan terlihat kotor, sebab ini akan membuat
kamu tidak nyaman ketika bekerja. Hal ini penting, terutama jika kamu berbagi meja dengan rekan yang lain. Intinya, buat dirimu senyaman mungkin di tempat kerja baru, karena itu juga merupakan bagian dari proses adaptasi.

Berikut tips yang bisa kamu gunakan untuk beradaptasi di lingkungan kerja. Semoga kamu menemukan pekerjaan impian dan sukses beradaptasi ya!



sumber artikel : https://glints.com/id/lowongan/anak-baru-ini-dia-cara-adaptasi-di-tempat-kerja-baru/#.X_5QoRZS_IV

sumber gambar : <a href='https://www.freepik.com/photos/office'>Office photo created by tirachardz - www.freepik.com</a>

Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar