Sibuk VS Produktif, yang Sering Dianggap Sama Padahal Berbeda
Sibuk VS Produktif, yang Sering Dianggap Sama Padahal Berbeda
Sibuk VS Produktif, yang Sering Dianggap Sama Padahal Berbeda

Punya waktu 24 jam sehari, dimana hampir setengah waktu yang dimiliki digunakan untuk bekerja. Lalu kita sering merasa waktu yang kita punya gak cukup untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan. Sehingga kita merasa terlalu produktif yang akhirnya membuat kita sibuk bekerja.

Sibuk dan produktif, keduanya sering diartikan sama. Padahal, keduanya punya arti berbeda. Berikut ini perbedaannya.

1. Skala Prioritas
Orang yang produktif tau mana pekerjaan yang urgent dan important, sedangkan orang sibuk akan mengerjakan dan mementingkan semua pekerjaan. Orang yang produktif akan mengutamakan waktu yang dimiliki untuk menyelesaikan pekerjaan yang mendesak dan penting. Sedangkan orang yang sibuk akan mengerjakan semua secara bersamaan.

Orang yang sibuk juga akan cenderung berkata “ya” terhadap semua pekerjaan yang diberikan, ini juga bisa berpengaruh terhadap kualitas pekerjaan itu sendiri.

2. Time management
Orang yang produktif memiliki time management yang baik, bahkan sampai memiliki waktu kapan harus membuka email, mengecek handphone terkait pekerjaan. Sedangkan orang yang sibuk terus memeriksa handphone atau laptop mereka jika ada notifikasi masuk. Padahal, berkutat dengan email akan membuatmu gak fokus untuk bekerja.

3. Multitasking
Berkaitan dengan poin 1, orang yang produktif akan fokus menyelesaikan pekerjaan yang mendesak. Sehingga, mereka akan multitasking pada pekerjaan yang penting. Sedangkan orang yang sibuk menjadi multitasking untuk beberapa pekerjaan yang beban skala prioritasnya sama. Ini mungkin salah satu yang sering kalian alami, merasa pekerjaan bertumpuk di satu waktu. Padahal, sebenarnya kamu perlu membuat skala prioritas pekerjaan.

4. Tujuan hidup
Perbedaan lainnya adalah orang produktif bisa bekerja dengan sangat baik karena ia memiliki tujuan hidup. Ia tahu apa yang ingin dicapai sehingga akan bekerja semaksimal mungkin dengan lebih produktif di setiap waktu yang dimiliki. Sedangkan orang sibuk, bekerja karena hanya untuk memenuhi tanggung jawab aja.

5. Waktu istirahat
Karena memiliki time management dan skala prioritas yang baik, maka orang yang produktif juga tahu kapan harus beristirahat. Sedangkan orang yang sibuk terus memanfaatkan waktu yang ada untuk bekerja. Ini yang bisa membuat kita mudah lelah dan jenuh dengan pekerjaan. Kita suka menganggap kita terlalu produktif bekerja, padahal sebenarnya kita hanya sibuk dan sulit memanfaatkan waktu yang ada.

Nah itu dia perbedaan antara sibuk dan produktif. Jadi, sebenernya selama ini kamu itu sibuk atau produktif?

Sumber : https://www.youngontop.com/read/191228/sibuk-vs-produktif-yang-sering-dianggap-sama-padahal-berbeda/


Komentar
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar